Kisruh Domain`Star Wars`yang Jadi Rebutan

NGONOO.com – Baru-baru ini Walt Disney sedang terlibat perseteruan dengan Joker’s Masquerade selaku pemilik Absciss , toko ritel pakaian action figure Star Wars yang berlokasi di Berkshire, Inggris.

Perseteruan kedua belah pihak dipicu oleh penggunaan domain starwars.co.uk oleh toko Absciss. Menurut CEO Absciss Mark Lewis, nama domain starwars.co.uk telah digunakan pihaknya selama puluhan tahun.

shutterstock_257048308 (1)
Star Wars via pio3 / Shutterstock.com

Di sisi lain pihak Walt Disney merasa mengantongi izin kepemilikan domain `Star Wars` dari Nominet sebagai otoritas resmi pengelola nama domain di Inggris. “Nama Star Wars tidak pantas dimiliki oleh siapapun selain penuntut (Walt Disney),” tulis pernyataan resmi Nominet seperti dikutip dari BBC.

Pihak Absciss diminta untuk menyerahkan domain tersebut ke pihak Disney tahun lalu, namun mereka menolaknya. Namun kali ini mau tidak mau mereka harus menyerahkan domain tersebut. Pihak Absciss sendiri sangat menyayangkan kejadian ini.

star wars
tampilan starwars.co.uk

Untuk mempertahankan nama domainnya, Absciss diberi kesempatan mengajukan banding hingga 21 Juli 2015. Jika tidak, maka nama domain yang mengandung “Star Wars” akan secara sah menjadi milik Lucasfilm, rumah produksi film Star Wars yang dibeli Walt Disney tahun 2012 lalu.

Selain domain starwars.co.uk, Nominet juga mencatat ada 6 situs lainnya yang juga menggunakan nama domain Star Wars di Inggris yang ga boleh digunakan, yaitu starwars.uk, star-wars.uk, star-wars.co.uk, starwarsco.uk, starwarsco.co.uk, dan star-warsco.co.uk.

gambar browser bar via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.