Lagu “Happy Birthday” Ternyata Tidak Dilindungi Hak Cipta

  • Share

NGONOO.com – Hampir di setiap perayaan ulang tahun, pasti akan dinyanyikan lagu-lagu dong ya. Nah, diantara lagu-lagu yang dinyanyikan tersebut pasti terselip satu “lagu wajib” yang selalu dinyanyikan, yap apalagi kalo bukan lagu “Happy Birthday”.

Lagu yang sering dinyanyikan dan dianggap sebagai lagu terpopuler di dunia tersebut hak ciptanya dipegang oleh penerbit musik Warner Chappell. Dari hak cipta lagu tersebut, setiap tahunnya Warner Chappell bisa mndapat keuntungan 2 juta dollar AS atau setara Rp 27 miliar.

shutterstock_118591486
ulang tahun via Shutterstock

Namun kini Warner Chappell sepertinya harus merelakan keuntungan besar dari lagu “Happy Birthday” karena lagu tersebut ternyata ga memiliki hak cipta sama sekali. Masalah ini terungkap setelah perseteruan antara Warner Chappell dengan Jennifer Nelson, seorang sutradara film dan pemilik perusahaan bernama Good Morning to You Production.

Dua tahun yang lalu Nelson ingin membuat film dokumenter mengenai lagu “Happy Birthday”, namun malah dituntut oleh Warner Chappell karena dianggap menggunakan lagu tersebut tanpa izin. Alhasil, Nelson diharuskan membayar 1.500 dollar AS atau setara Rp 20,2 juta.

Namun pengacara Nelson kemudian menemukan sebuah buku dari tahun 1927 yang berisi kumpulan lagu tanpa hak cipta dan “Happy Birthday” termasuk ke dalamnya. Berdasarkan tuntutan hukum dari pengacara Nelson tersebut, Warner Chappell dianggap telah menyalahgunakan kepemilikian hak cipta lagu “Happy Birthday”.

Buku tersebut menyebutkan bahwa Patty Hill, sosok yang selama ini dikaitkan dengan lagu “Happy Birthday”, karena lagu miliknya yang berjudul “Good Morning To You All” dianggap memiliki nada yang sama dengan “Happy Birthday”, dinyatakan hanya memiliki hak cipta atas beberapa melodi piano di lagu tersebut.

Hak cipta atas lagu “Happy Birthday” sendiri diklaim oleh Summy Company pada tahun 1935 . Kemudian pada 1988, Warner Chappell mengakusisi hak cipta lagu tersebut dan menguasai hak cipta “Happy Birthday” hingga 2030 mendatang.

Nah lhoo, trus jadinya sekarang lagu “Happy Birthday” punyanya siapa ya?

gambar lilin happy birthday via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.