8 Air Terjun di Dunia Yang Mampu Memanjakan Mata Ketika Melihat Gambarnya

NGONOO.com – Kalian tau air terjun? Ya, air terjun adalah air yang jatuh dari dataran tinggi ke dataran rendah, maka dari itu dinamakanlah air terjun. Kalian tau ada berapa banyak air terjun di Indonesia? Ya, saya juga tidak tahu. Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata dan salah satunya adalah air terjun, tak terhitung berapa jumlahnya, dari yang sudah dikenal dan terjamah oleh manusia sampai yang tidak terkenal dan belum terjamah oleh manusia.

Dibelahan bumi lainya juga terdapat benyak sekali air terjun yang menawarkan beragam keindahan, semuanya kami rangkum dalam 8 Air Terjun di Dunia Yang Mampu Memanjakan Mata Ketika Melihat Gambarnya. Ketika anda melihatnya saja sudah berseru, “Wow indah sekali”, apalagi ketika anda langsung mendatangi tempat dimana air terjun itu berada, pasti awesome sekali. Tidak sedikit juga yang melihat gambarnya langsung merasa ngeri karena takut akan ketinggian.

1. Kaieteur Falls, Guyana

Kaieteur Falls, Guyana via Shutterstock
Kaieteur Falls, Guyana via Shutterstock

 

Kaieteur Falls seolah menjadi gambaran sebuah air terjun yang sempurna. Air terjun yang berada di Guyana, Amerika Selatan ini memiliki ketinggian 226 meter dari aliran Sungai Potaro yang mengalir ke jurang berhutan. Keberadaan Kaieteur Falls di wilayah yang terpencil justru membuat air terjun ini terlihat lebih megah.

2. Angel Falls, Venezuela

Angel Falls, Venezuela

Berada dalam satu daratan dengan Kaieteur Falls, Angel Falls menjadi sebuah kebanggaan di Taman Nasional Canaima, di timur Gran Sabana, Venezuela. Dengan ketinggian sekira 979 meter, Angel Falls disebut sebagai air terjun tertinggi di dunia.

3. Iguazu Falls, Brasil dan Argentina

Iguazu Falls, Brasil dan Argentina

Wilayah Amerika Selatan salah satu yang terbaik dalam hal wisata alam air terjun. Di perbatasan antara Brasil dan Argetina, terdapat sebuah air terjun yang menakjubkan, yakni Iguazu Falls. Air terjun ini memang tidak menonjol dari sisi ketinggian, tetapi lebarnya.

Titik fokus dari air terjun ini adalah sebuah tempat yang disebut Garganta del Diablo yang artinya “Tenggorokan Setan”. Iguazu Falls memiliki beberapa titik menarik, karena air terjun ini terpisah-pisah. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Iguazu Falls.

4. Tugella Falls, Afrika Selatan

Tugella Falls, Afrika Selatan

Tugella Falls terlihat sangat menakjubkan karena berasal dari sebuah tebing setinggi 948 meter yang membuatnya seakan menyatu dengan awan. Tugella Falls berada di Taman Nasional Royal Natal di Provinsi KwaZulu-Natal, Afrika Selatan.

5. Victoria Falls, Zimbabwe dan Zambia

Victoria Falls, Zimbabwe dan Zambia

Victoria Falls merupakan air terjun terbesar di dunia jika dilihat dari tinggi dan lebarnya. Victoria Falls memiliki ketinggian 108 meter dan lebar 1.708 meter dan memiliki nama lokal Mosi-oa-Tu-nya atau “The Smoke That Thunders”.

6. Air Terjun Niagara, AS dan Kanada

via kompas.com
via kompas.com

Nama Air Terjun Niagara bukan nama yang asing bagi traveller, khususnya pemburu wisata air terjun. Air terjun yang sangat terkenal di dunia ini berada di utara Amerika, tepatnya di perbatasan antara AS dan Kanada.

Niagara memang tidak cukup tinggi bila dibandingkan dengan Kaieteur atau Angel Falls, karena hanya memiliki ketinggian 51 meter. Namun secara visual, pemandangan Air Terjun Niagara sangatlah cantik. Sungai Niagara memiliki tiga air terjun berbeda dalam tempat yang sama yang menawarkan keindahan yang mampu memanjakan mata.

7. Air Terjun Vinnufossen, Norwegia

via greatinspire.com
via greatinspire.com

Benua Eropa memiliki air terjun menarik bernama Vinnufossen yang berada di Norwegia. Air terjun ini merupakan bagian dari aliran gletser Vinnufonna yang mengalir dari ketinggian 860 meter.

Air Terjun Vinnufossen berada di tengah Norwegia dan mengalir ke hutan-hutan yang berada di kaki pegunungan. Air terjun ini berada tidak jauh dari Mardalsfossen yang hanya berjarak sekira 80 kilometer.

8. Air Terjun Dettifoss, Islandia

via fahasilenthill.blogspot.com
via fahasilenthill.blogspot.com

Air Terjun Dettifos memiliki ketinggian 45 meter saja. Namun, arus yang dialirkan sangat deras. Tak heran jika Aire Terjun Dettifos dijuluki sebagai air terjun paling kuat di Eropa. Air terjun ini mengalir dari Sungai Jökulsá á Fjöllum yang mengalirkan air hingga 212 ton per detik.

Tidak jauh dari Air Terjun Dettifos terdapat Air Terjun Gullfoss setinggi 32 meter. Gullfoss menawarkan pemandangan yang sangat indah, dan jika beruntung anda akan melihat pelangi disana.

 

Featured image : Waterfall via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.