9 Hal Yang Sering Menjadi Pertimbangan Ketika Mau Nagih Utang

  • Share

NGONOO.com – Hutang atau dalam bahasa jawanya adalah “Utang, Ngutang, Nyileh” begitulah kurang lebihnya. Saat kamu lagi butuh uang banget, kamu pun tersadar kalau kamu punya simpanan uang di teman kamu. Lalu kamupun sangat menggebu untuk nagih utang tersebut. Namun pas mau dieksekusi, kamu pun urung. Karena banyak faktor yang membuatmu enggan menagih utang kepada orang tersebut. Nah, ini ada 9 pertimbangan yang akhirnya bikin kebanyakan orang gak jadi nagih utang.

1. Gak Enakan

via moviecitynews.com
Nggak enakan/Sungkan via moviecitynews.com

Perasaan gak enakan itu kayaknya udah mendarah daging deh sama orang Indonesia. Ada temen yang masak tapi masakannya gak enak, komennya pasti,”wah enak banget masakan lu!” Padahal makanannya gak enak sama sekali. Nah perasaan gak enakan ini juga sering terjadi disemua hal (Tapi kalo pacar diserobot temen sih kayaknya pengecualian) sampe kesoal nagih utang yang notabenya itu adalah hak kamu sebagai orang yang diutangin.

2. Kayaknya yang Ditagih Belum Punya Uang

Lagi Mikir via hadianpermana.com
Lagi Mikir via hadianpermana.com

Orang yang pengen nagih utang itu terkadang dikaruniai sebuah penerawangan sehingga bisa baca kondisi seseorang dengan hanya ngeliat wajahnya. Hasil penerawangannya sih sering banget menunjukan kalau yang mau ditagih itu rasa-rasanya lagi gak punya uang. Dan hal ini bakal terus terjadi sampai akhirnya kamu beralih ke poin 5.

3. Yang Punya Utang Galak

Yang Punya Utang Galak via rsconsulting.net.au
Yang Punya Utang Galak via rsconsulting.net.au

Salah satu problem dalam proses tagih menagih hutang adalah kondisi di mana orang yang ditagih utangnya terkadang lebih galak daripada orang yang mau nagih. Trus terjadilah sebuah percecokan yang berujung pada penundaan pembayaran utang. Nah sekarang gimana kalo ternyata orang yang mau kamu tagih itu galak? Bakal mikir berjuta-juta kali juga sih kayaknya kamu buat nagih. Atau nggak kamu bawa bodyguard untuk nagih utangnya. Tapi lebih baik enggak deh, daripada terjadi percecokkan yang lebih tidak karuan.

4. Yang Punya Utang Baru Kena Musibah

Muka Sedih via peopleoflancaster.com
Muka Sedih via peopleoflancaster.com

Nah kalo ini sih masalahnya beda lagi. Kamu boleh aja nagih utang ke orang dalam kondisi apapun kecuali kalo orang yang kamu mau tagihin utang lagi kena musibah. Musibahnya yang beneran yah kayak abis kecopetan, ada sanak saudaranya yang meninggal, atau kecelakaan. Kalo putus cinta? Itu masuk dalam kategori musibah sih, tapi gak ngaruh dalam persoalan tagih menagih utang. Nah karena pada dasarnya kita adalah manusia yang punya perasaan, jadi udah semestinya sih kamu bisa mengurungkan niat buat nagih utang pada saat orang kamu tagih lagi kena musibah.

5. Punya Mindset “Biar Orangnya Sadar Sendiri!”

Mindset via positivelifenetwork.com
Mindset via positivelifenetwork.com

Ini juga orang Indonesia banget nih. Lagi butuh uang banget, trus punya piutang tapi masih denial kalo dirinya masih gak terlalu butuh banget uang. Lalu sebuah pemikiran paling bijak pun tercipta,”Biar orangnya sadar sendiri aja deh!”. Trus hari berganti hari sampai menjadi tahunan, orang yang kamu harapkan buat bayar utang pun gak sadar-sadar, yang kemudian lahirlah sebuah pemikiran paling mulia dari diri kamu sebagai seorang manusia,”Diiklasin aja deh!”

6. Utangnya Sedikit Banget

Uang Receh via freeztha.wordpress.com
Uang Receh via freeztha.wordpress.com

Salah satu alasan yang mungkin rada masuk akal yang bikin orang gak jadi nagih utang adalah karena utangnya sedikit banget. Ya kali deh utang cuma 300 perak masih kamu tagihin, wong minimarket yang suka minta donasiin sekitaran 2.300 aja kamu iyain. Eh btw, katanya nih kembalian di minimarket yang suka diminta buat didonasiin itu beneran didonasikan lho! Katanya.

7. Ternyata Udah Dibayar

Ehh Ternyata udah dibayar via benzinga.com
Ekspresi Ehh Ternyata udah dibayar via benzinga.com

Ada kalanya orang yang kondisi dompetnya kosong banget itu suka berhalusinasi. Ngerasa masih punya piutang padahal udah dibayar kapan tau. Kesiman!

8. Yang Punya Utang Orangnya Baik

Suka Menolong via leslieannvarela.com
Suka Menolong via leslieannvarela.com

Meskipun dia punya utang, tapi dia orangnya baik, ramah dan suka menolong. Makanya ketika kamu mau menagih kamu terus berpikir dan berpikir dengankeras, kasihan kalau orang baik mesto ditagih, selalu berpikiran positif, nanti aja deh kalau dia sudah punya uang, dan akhirnya nggak jadi nagih,

9. Punya Utang Budi

via charliesaidthat.com
via charliesaidthat.com

Mungkin kamu pernah utang budi sama dia, sehingga kamu mengurungkan niatmu untuk menagih utang kepadanya. Utang budi tak pernah ternilai harganya.

 

Featured image : Nagih Utang via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.