12 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Ginjal Anda Rusak Secara Perlahan

  • Share

NGONOO.com – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang bekerja sangat keras. Ginjal bertindak sebagai filter racun dalam darah, menyerap mineral dan nutrisi, memproduksi urin, menghasilkan hormon dan menjaga asam yang normal untuk rasio basa. Manusia tidak bisa hidup sehat tanpa ginjal yang berfungsi dengan baik. China telah menerapkan praktek gaya hidup sehat untuk memelihara ginjal sejak berabad-abad lamanya.

Jika Anda termasuk tipe orang yang serius untuk menjaga kesehatan, maka merawat ginjal harus menjadi salah satu perhatian utama Anda. Jika Anda ingin memastikan ginjal Anda tetap sehat dan terus bisa melayani kesehatan Anda di tahun-tahun mendatang, berikut ini adalah kebiasaan yang harus anda hindari atau kurangi demi menjaga kualitas dan kesehatan ginjal yang anda miliki.

1. Terlalu Sering Minum-minuman Bersoda

Minuman Bersoda via kaskus.co.id
Minuman Bersoda via kaskus.co.id

Sebuah studi yang dilakukan pada karyawan yang bekerja di Universitas Osaka di Jepang menemukan fakta bahwa minum 2 gelas soda sehari atau lebih dikaitkan dengan lebih tingginya resiko penyakit ginjal. Penelitian ini melibatkan sekitar 12.000 orang. Hasilnya bagi mereka yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi minum bersoda, pada urin mereka ditemukan kandungan protein yang tinggi di mana ini merupakan salah satu tanda-tanda pertama kerusakan ginjal, ginjal sudah menunjukan ketidak mampuannya menyerap mineral dan nutrisi serta menyarinnya dengan baik. Namun demikian, dengan mendeteksinya lebih cepat tentunya hal ini masih dapat membalikkan keadaan penyakit dengan pengobatan yang pas.

2. Kekurangan Vitamin B6

Vitamin B6 via healthbeckon.com
Vitamin B6 via healthbeckon.com

Fungsi sehat ginjal kita juga tergantung pada pola makan yang sehat, terutama untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Maryland, kekurangan vitamin B6 ternyata dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Untuk fungsi ginjal yang sehat, seseorang harus memiliki setidaknya 1,3 miligram vitamin B6 dalam makanan mereka setiap harinya. Sumber terbaik untuk vitamin B6 ini adalah ikan, daging, hati sapi, kentang, jenis sayuran-sayuran bertepung, bawang, buncis dan buah-buahan.

3. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan Tidak Baik Merokok via cknw.com
Kebiasaan Tidak Baik Merokok via cknw.com

Tidak mengherankan lagi, merokok telah dikaitkan dengan arthrosclerosis yaitu penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang mempengaruhi suplai darah ke semua organ utama, termasuk ginjal. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Farmakologi Klinik dan Terapi, hanya dengan 2 batang rokok saja sehari sudah cukup untuk melipat gandakan jumlah sel endotel yaitu sel yang melapisi dinding pembuluh darah untuk bisa hadir dalam aliran darah. Ini adalah tanda-tanda dari kerusakan arteri. Selain itu, Journal of American Society of Nephrology sudah mereferensi sejumlah studi berbeda yang pernah dilakukan dalam dekade terakhir, hasil dari studi-studi itu juga mengaitkan bahwa rokok dapat menurunkan fungsi ginjal.

4. Nggak Pernah Olahraga

Badan Selalu Lemas via duniafitnes.com
Badan Selalu Lemas via duniafitnes.com

Cara lain yang sangat baik untuk melindungi ginjal Anda tetap sehat adalah dengan melakukan beberapa latihan dan olahraga. Sebuah studi komprehensif dalam Journal of American Society of Nephrology yang diterbitkan pada tahun 2013 menyatakan bahwa wanita menopause yang berolahraga memiliki 31% lebih sedikit risiko terkena batu ginjal.

5. Tubuh Yang Kekurangan Magnesium

Magnesium Food via blog.naturalhealthyconcepts.com
Magnesium Food via blog.naturalhealthyconcepts.com

Magnesium adalah mineral yang sangat membantu tubuh kita untuk menyerap dan mengasimilasi kalsium. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup magnesium maka tubuh juga mendapatkan kelebihan beban kalsium dan dapat memicu pengembangkan batu ginjal. Untuk mencegah hal buruk ini terjadi, tambahkan beberapa sayuran berdaun, biji-bijian, kacang-kacangan untuk program diet Anda. Sumber lain yang baik untuk mendapatkan Magnesium adalah alpukat segar.

6. Tidur Yang Tidak Berkualitas

Tidur Yang Tidak Berkualitas via blogs.fit.edu
Tidur Yang Tidak Berkualitas via blogs.fit.edu

Menurut Science Daily, gangguan kronis dalam tidur dapat menyebabkan penyakit ginjal. Menurut Dr Michael Sole, Ahli jantung dan Profesor Kedokteran dan Fisiologi di Universitas Toronto, jaringan ginjal bisa diperpanjang selama malam tepatnya saat kita sedang tertidur, sehingga ketika kita tidak bisa tidur, gangguan konstan pada ginjal bisa terjadi bahkan ginjal bisa mengalami kerusakan langsung.

7. Tidak Minum Cukup Air

Minum air Mineral via Shutterstock
Minum air Mineral via Shutterstock

Hal ini tentunya sudah banyak diketahui orang pada umumnya. Salah satu hal yang paling penting bagi ginjal adalah mendapatkan cukup air demi menjalankan fungsinya. Jika Anda tidak mendapatkan cukup air, racun mulai terakumulasi dalam darah karena tidak ada cukup cairan untuk membawa racun-racun tersebut melalui ginjal. The National Kidney Foundation merekomendasikan minum setidaknya 10-12 gelas air setiap hari, sesuaikan dengan kegiatan Anda juga. Cara mudah untuk mengetahui dan memeriksa apakah Anda minum cukup air atau tidak adalah degan cara memastikan warna urin Anda. Jika urin berwarna gelap, itu artinya Anda tidak cukup minum.

8. Menunda-nunda Buang Air Kecil

Ilustrasi Ginjal dan Saluran Kencing via Shutterstock
Ilustrasi Ginjal dan Saluran Kencing via Shutterstock

Ketika Anda mendengar panggilan untuk buang air kecil, Anda harus menuruti itu segera. Terkadang memang kita tidak selalu berada di tempat di mana kita bisa buang air kecil dengan segera, tetapi jika Anda secara teratur terus terbiasa untuk menahan-nahannya, hal itu akan meningkatkan tekanan urin pada ginjal, efek buruknya adalah dapat menyebabkan inkontinensia atau disebut juga gagal ginjal.

9. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam

Eat Less Salt via Shutterstock
Eat Less Salt via Shutterstock

Garam merupakan nutrisi penting, tetapi ini bisa menjadi bencana ketika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi natrium akan meningkatkan tekanan darah Anda dan menimbulkan efek ketegangan pada ginjal.

10. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Kafein pada Kopi via panduanhidupsehat.com
Kafein pada Kopi via panduanhidupsehat.com

Kafein dapat ditemukan pada kopi, teh, minuman ringan bersoda. Tanpa disadari, ternyata tubuh manusia bisa dipenuhi dengan kafein setiap hari, hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menembak dengan kuat pada ginjal Anda hingga dapat memicu kerusakan.

11. Terlalu Mengandalkan Obat Kimia

Obat-obatan Kimia via panduanhidupsehat.com
Obat-obatan Kimia via panduanhidupsehat.com

Banyak orang yang terbiasa selalu meminum obat-obatan kimia, sedikit-sedikit minum obat, sedikit-sedikit minum obat, begitulah kira-kira. Sebelum Anda lebih memilih obat kimia, pikirkan juga efek sampingnya. Semua obat-obatan farmasi memiliki efek samping dan banyak dari obat-obatan tersebut menyebabkan kerusakan ginjal dan hati. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda lebih memilih obat herbal.

12. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Alkohol

Minuman Beralkohol via maduhighdesert.com
Minuman Beralkohol via maduhighdesert.com

Racun dalam alkohol tidak hanya merusak hati sebagaimana yang diyakini oleh banyak orang, tetapi alkohol juga merupakan sesuatu yang sangat dibenci oleh ginjal karena cukup sulit untuk menanganinya.

 

Image : Ilustrasi Gambar Ginjal via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.