5 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qodar

NGONOO.com – Malam Lailatul Qodar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat muslim diseluruh Dunia. Setiap muslim pasti menginginkan keberkahan pada malam tersebut. Jika dicermati dari namanya Lailatul Qodar berasal dari bahasa Arab yang artinya “Malam Ketetapan”. Sedangkan secara Harfiah Lailatul Qodar berarti “Malam Kekuatan atau Malam Kemuliaan”, Siapapun orang yang beribadah dimalam itu maka pahalanya akan dilipatgandakan. Andai kalian tahu bahwa pahala yang diperoleh ketika mendapat keberuntungan di malam Lailatul Qodar setara dengan beribadah selama seribu bulan lamanya.

Malam ini dilukiskan dengan indah dalam Surah Al-Qadr:1-5, “Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan keistimewaan hingga terbit fajar.”

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar ini tersimpan dalam balutan rahasia. Umat islam tidak diberitahu kapan malam kekuatan ini hadir. Banyak yang meyakini, malam ini datang pada tanggal ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan.

Namun sekali lagi, tidak ada yang mengetahui kapan Malam Lailatul Qadar akan datang, tak satupun yang mengetahuinya secara pasti. Tapi Nabi Muhammad dalam sejumlah riwayat memberikan tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar. Berikut 5 tanda datangnya Malam Lailatul Qadar:

1. Udara dan Suasana Pagi yang Tenang

Salah satu tanda datangnya Lailatul Qadr adalah suasana pagi yang tenang pada keesokan harinya. Dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas, Nabi bersabda: “Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

2. Matahari Cerah Tapi Tidak Panas

Tanda lain datangnya Lailatul Qadar adalah sinar matahari yang bersinar cerah namun lemah, tidak panas, pada keesokan harinya. Ubay bin Ka’ab mengisahkan Nabi pernah bersabda: “Keesokan hari malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

3. Udara Terasa Tenang

Di dalam Alquran digambarkan bahwa Lailatul Qadar penuh ketenangan. Suasana Lailatul Qadar sangat berbeda dari malam-malam lain. Suasana lebih tenang, langit tidak berawan, udara sangat sejuk, tidak panas dan tidak dingin.

“Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).” (HR. at-Thobroni)

4. Bulan Terlihat Separuh

Dalam sebuah riwayat Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad tentang Lailatul Qadar. Dan Rasulullah bersabda: “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.”

5. Datang di Hari Ganjil

Dan tanda lain dari Lailatul Qadar adalah datang pada hari ganjil pada sepertiga terakhir bulan Ramadan. Sebuah hadis dari Aisyah menyebutkan: “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” ” (HR: Bukhari dan Muslim)

 

Image : Moon via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.