Rilis Single Baru ‘Pasar Bisa Diciptakan’, Efek Rumah Kaca Siap Kembali Eksis

  • Share

NGONOO.com – Nama band Efek Rumah Kaca bukanlah nama baru di panggung musik tanah air. Band asal Jakarta yang terdiri dari Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass),Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) ini sudah sepuluh tahun lebih turut mewarnai musik Indonesia dengan lagu-lagu mereka yang banyak menyentil keadaan sosial masyarakat yang terjadi di sekitar.

Setelah sekian lama tak muncul dengan single baru dan sempat vakum selama satu setengah tahun karena kepergian Cholil Mahmud sang vokalis ke luar negeri, Efek Rumah Kaca pun siap kembali eksis. Mereka kembali lagi dengan karya baru yang pastinya sudah dinantikan para penggemarnya. Yakni sebuah single terbaru yang berjudul Pasar Bisa Diciptakan.

pasar bisa diciptakan
Efek Rumah Kaca – Pasar Bisa Diciptakan

Single ini akan terasa berbeda dari karya mereka terdahulu. Banyak eksperimen musik yang dilakukan oleh Cholil cs di lagu ini. Salah satunya adalah memperkaya layer-layer gitar dengan lebih membahana, dinamis dan juga berwarna.

‘Pasar Bisa Diciptakan’ sebenarnya sudah diciptakan sejak tahun 2008 lalu. Ide diambil dari kegelisahan mereka dalam berkarya di industri musik Indonesia. Single ini juga bisa disebut sebagai sebuah kelanjutan dari lagu Cinta Melulu.

“Seiring dengan waktu, kita sudah tidak sekeras dulu. Masih ada api itu tapi kami ingin lebih kalem. Kita ingin lebih tenang dalam meneriakkan sesuatu. Banyak lirik yang akhirnya diganti karena kami merasa sudah tidak sesuai lagi. Yang jelas, pasar dibuat untuk kami sendiri, tidak ada rencana untuk membuat manifesto atau apapun itu. Ini hanya cermin kegelisahan kami,” ujar Cholil dikutip dari kapanlagi.

Single Pasar Bisa Diciptakan dirilis bersamaan dengan lagu berjudul Biru. Lagu Biru menceritakan tentang proses penciptaan sebuah karya seni baik itu secara internal maupun eksternal. Biru juga menceritakan pentingnya eksplorasi dari sebuah proses berkarya.

Dan tepat di hari ini Jumat, 10 Juli 2015,  single ‘Pasar Bisa Diciptakan’ udah bisa bro n sest dengerin dan nikmatin, karena lagu tersebut bakal diputar serentak di 144 radio seluruh Indonesia. Nah kalo ga sempet dengerin di radio, bro n sest bisa dengerin lagu ‘Pasar Bisa Diciptakan’ berikut ini 🙂

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.