Arsip  

Kapan Sebaiknya Orangtua Membolehkan Anak Memiliki Ponsel Sendiri?

NGONOO.com – Di Jaman serba teknologi seperti sekarang ini, ponsel bukanlah hal yang aneh lagi untuk anak-anak. Waktu dimana mereka bermain bersama teman-temanya, waktu dimana mereka bisa leluasa mengembangkan diri mereka secara baik, kini dihabiskan bersama ponselnya. Kebanyakan anak yang dimasa kecilnya sudah dijejeli ponsel, masa remajanya akan menjadi seorang introvert. Nah, buat orang tua sekalian, sebaiknya harus lebih hati-hati lagi jika ingin memberikan ponsel sendiri kepada anak anda.

Anak Kecil Mainan Smartphone via Shutterstock
Anak Kecil Mainan Smartphone via Shutterstock

Sebenarnya berapa sih usia ideal anak untuk bisa memiliki ponsel sendiri?

Menurut psikolog anak dari Cleveland Clinic Health System, Dr Joseph Austerman, menyarankan anak baru dipegangi ponsel jika sudah memahami dampak buruk dari perangkat elektronik yang satu ini. Baik secara fisik maupun psikis.

Untuk itu seorang anak sebaiknya diberikan pemahaman mengenai bahaya dari penggunaan ponsel sebelum dibelikan ponsel. Dengan memahami dampak buruk dari penggunaan ponsel, anak akan mematuhi aturan-aturan saat menggunakan ponsel sebagai media berkomunikasi.

Lebih lanjut, Dr Joseph Austerman menjelaskan bahwa anak berusia 10 tahun sebaiknya jangan dulu diberi ponsel. Pasalnya, di usia tersebut anak-anak belum mampu memahami bahaya dari Cyberbullying lewat penggunaan ponsel.

Jika merasa anak-anak telah memahami aturan dan etika dalam menggunakan ponsel, langkah selanjutnya yang harus dilakukan orangtua adalah membuat perjanjian dan sanksi yang menyertai jika anak melanggar aturan tersebut.

“Orangtua harus terus memantau dan melakukan pendekatan pada si anak sehingga ketika mereka memiliki masalah tertentu, mereka dengan mudah membicarakannya kepada orangtuanya, bukan ke media sosial yang dimilikinya,” tegas Dr Joseph Austerman.

Nah, sekarang sudah pada tahukan kapan waktu yang tepat untuk anak memiliki ponselnya sendiri? Yups, semoga bisa membantu orang tua diluar sana agar tidak dengan mudah memberikan ponsel kepada anak yang memang belum cukup usia.

 

Featured image via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.