Fakta Menarik Menjelang UEFA Super Cup 2015 Barcelona Vs Sevilla

  • Share

NGONOO.com – Pertandingan menarik akan tersaji ditengah pekan ini. Dua tim dari Spanyol akan saling beradu di UEFA Super Cup 2015. Barcelona sang juara Liga Champions akan menghadapi Sevilla sang juara Liga Europa di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Rabu (12/8) dini hari WIB. Sebelum pertandingan dimulai, alangkah baiknya mengintip fakta-fakta apa saja yang ada diantara kedua klub yang akan bertanding di ajang UEFA Super Cup.

Seperti diketahui, Barcelona sukses meraih treble winner setelah mengalahkan Juventus di partai final Liga Champions dengan skor 3-1. Sedangkan Sevilla adalah pemegang rekor sebagai tim pertama yang meraih gelar Liga Europa dua musim berturut-turut. Berikut fakta-fakta menarik tentang kedua klub.

UEFA Super Cup

  • Barcelona menjadi tim pertama yang tampil sebanyak 8 kali di ajang UEFA Super Cup, empat kali juara dan empat kali runner-up. Dengan penampilan malam nanti, Barca sudah tampil sebanyak 9 kali.
  • Jika Barca juara UEFA Super Cup, maka mereka akan menyamai rekor Ac Milan yang pernah lima kali juara di ajang ini.
  • Sevilla hanya baru bisa merasakan tampil 3 kali dan dua diantaranya menjadi runner-up dan satu lagi juara pada tahun 2006.
  • Ini adalah kali ketiga dimana UEFA Super Cup mempertemukan tim dari daratan Spanyol. Sebelumnya terjadi di tahun 2006 dan 2014.
  • Sepanjang sejarahnya, kedua tim sudah saling berhadapan sebanyak 152 kali di berbagai kompetisi. Barcelona meraih 80 kemenangan, Sevilla mengantongi 38 kemenangan. Sisanya yang berjumlah 34 laga berakhir imbang.
  • Pada musim lalu di pentas La Liga, Los Blaugrana menang 5-1 atas Sevilla di Camp Nou. Dalam kemenangan itu, Lionel Messi mencetak hattrick dan membuatnya memecahkan rekor Telmo Zarra yang mencetak 251 gol di La Liga.
  • Saat ini, bek kanan Barcelona, Dani Alves sudah memenangkan Piala Super Eropa sebanyak tiga kali, yakni tahun 2006 (bersama Sevilla), 2009 dan 2011. Jika Barcelona mengalahkan Sevilla pada pertandingan nanti, dia bisa menyamai prestasi legenda AC Milan, Paolo Maldini yang sudah memenangkan Piala Super Eropa sebanyak 4 kali.
  • Pelatih Barcelona, Luis Enrique juga bisa mencetak rekor. Dia bisa menjadi orang keempat yang meraih Piala Super Eropa sebagai pemain dan pelatih. Enrique pernah menjuarai Piala Super Eropa saat masih menjadi pemain Barcelona tahun 1997. Tiga orang sebelumnya yang sudah menjuarai Piala Super Eropa sebagai pemain dan pelatih adalah Josep Guardiola, Carlo Ancelotti dan Diego Simeone.
  • Pelatih Unai Emery sudah menghadapi Barcelona dalam 19 pertandingan dengan empat tim yang berbeda, yakni Almeria, Valencia, Spartak Moskow dan Sevilla. Namun, dia belum pernah meraih kemenangan. Emery kalah dari Los Blaugrana sebanyak 13 kali
  • Mega bintang Barcelona, Lionel Messi sudah mencetak 22 gol untuk Barcelona dalam 19 pertandingan ketika melawan tim yang dilatih Unai Emery.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.