Wah, Sensor Sidik Jari HTC One Max Ternyata Mudah Dibobol

  • Share
Smartphone HTC
Smartphone HTC

NGONOO.com – Bisa dibilang smartphone yang mempelopori adanya fitur sensor sidik jari adalah iPhone 5s. Setelah iPhone 5s dirilis, maka tidak membutuhkan waktu lama bagi para vendor smartphone Android untuk menyematkan fitur serupa di smartphone buatannya.

HTC-pun tidak mau ketinggalan, produsen ini juga segera menyematkan fitur sensor sidik jari di smartphone miliknya, One Max. Akan tetapi sebuah laporan dari FireEye Labs baru-baru ini sepertinya harus membuat para pengguna One Max lebih berhati-hati dalam menggunakan sensor sidik jari untuk mengesahkan pembayaran atau mengkonfirmasi ID mereka ketika login.

HTC One Max
HTC One Max

Kenapa? Itu karena HTC dikatakan gagal dalam melindungi identitas sidik jari pengguna One Max. FireEye Labs mengatakan bahwa HTC menyimpan file gambar sidik jari pengguna yang telah dipindai ke dalam folder yang sama sekali tidak terenkripsi, sehingga gambar berupa sidik jari tersebut akan sangat mudah diakses oleh aplikasi apapun yang ada di smartphone.

FireEye Labs bahkan menyebut jika mereka bisa membuat salinan sidik jari nyata dari file gambar sidik jari pengguna HTC One Max. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan jika para hacker juga bisa dengan mudahnya mengakses sejumlah file gambar sidik jari sekaligus dan menyalahgunakannya

HTC sendiri juga telah mendapatkan laporan langsung dari pihak FireEye Labs, dan HTC mengklaim jika mereka telah membenahi masalah tersebut bagi seluruh pengguna HTC One Max di berbagai wilayah.

Gambar : Smartphone HTC via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.