Tips Memotret Luar Angkasa Ala Navaneeth Unnikrishnan Astrofotografer dari India

  • Share

NGONOO.com – Astrofotografi memang sangat menantang, banyak yang sudah mencoba teknik memfoto luar angkasa dengan menggunakan lensa kamera. Hasilnya, Wow ‘diluar akal pikiran manusia rata-rata’. Becanda gais, serius banget. hehe.. Mungkin diantara kalian sudah ada yang pernah mencoba teknik ini, memasang tenda, bermalam di sebuah tempat dan ditemani keheningan malam serta memotret sebuah pemandangan luar angkasa yang istimewa.

Seorang fotografer dari India Navaneeth Unnikrishnan akan mengajari kita bagaimana caranya menjadi astrofotografer yang handal. Sebelumnya kalian sudah tau Astrofotografi itu apa? Sedikit unek-unek bahwa Astrofotografi adalah seni memotret keindahan alam semesta yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Secara teknis, kita bisa mengabadikan masa lalu, cahaya yang dikeluarkan jutaan tahun lamanya menggunakan sebuah lensa.

Navaneeth mengatakan astrofotografi adalah bentuk fotografi yang paling menantang secara teknis. Ia pun memberikan tips mudah yang bisa diikuti. Pertama, setiap tahapan harus sempurna, dari melacak ke fokus, kemudian dari exposure ke pemrosesan gambar.

Selain itu, ia mengimbau bahwa pemotret harus menguasai aspek teknis kamera pada mode manual. “Adapun bagi para fotografer amatir yang tidak mampu merogoh kocek untuk mendapatkan perangkat tracking mount, lensa wide-angle adalah alternatif yang baik,” tambahnya.

Berikut ini hasil foto dari Instagram @navaneeth_unnikrishnan :

https://instagram.com/p/63rsOahRpa/?taken-by=navaneeth_unnikrishnan

https://instagram.com/p/6PwumqhRgU/?taken-by=navaneeth_unnikrishnan

https://instagram.com/p/6FMVIjhRnW/?taken-by=navaneeth_unnikrishnan

https://instagram.com/p/502f0RBRk0/?taken-by=navaneeth_unnikrishnan

https://instagram.com/p/5sLON0BRl0/?taken-by=navaneeth_unnikrishnan

Pria yang juga menggemari travelling dan musik ini pun mengatakan bahwa objek luar angkasa yang paling digemarinya adalah komet dan nebula. Nebula merupakan objek luar angkasa yang memiliki nilai seni yang indah dan menakjubkan.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

 

Gambar : Tata Surya di Langit via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.