7 Manfaat Enaknya Pelukan Yang Tidak Banyak Orang Ketahui

  • Share

NGONOO.com – Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa pelukan memiliki banyak manfaat, tidak hanya pelepas rindu semata. Melainkan Pelukan Mampu membuat diri kita menjadi lebih enak daripada sebelumnya. Bagaimana pelukan yang enak itu? tentunya berpelukan dengan pasangan yang sudah sah menjadi mukhrim anda, atau pelukan ibu, ayah dan sanak saudara yang sudah lama tidak berjumpa. Pelukan seorang ibu terhadap bayi atau anaknya juga dapat membuat mereka merasa lebih nyaman dan merasa hangat.

1. Pelukan Merupakan Simbol dari Kepedulian

Setelah melalui hari yang berat, peluk pasangan dan katakan, “Aku di sini untukmu. Jangan khawatir karena kita akan melaluinya bersama-sama.” Ini akan melegakan dan menenangkan, ketimbang kamu pulang kerja langsung tidur.

2. Pelukan Meningkatkan Suasana Hati

Ketika memeluk pasangan, oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon berpelukan, dilepaskan dari tubuh. Oksitosin ini memberikan efek hangat dan menentramkan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah studi menemukan bahwa saat memeluk, denyut jantung akan merasa rileks dibandingkan dengan mereka yang tidak memeluk.

4. Memberikan Jaminan

Sebuah pelukan memungkinkan Anda dan pasangan mengerti bahwa semuanya baik-baik saja.

5. Mengurangi Stres

Jika Anda atau pasangan merasa stres, berikan pelukan erat. Berpelukan erat mengurangi hormon kortisol pemicu stres di tubuh.

6. Kekuatan untuk Bertahan Hidup

Psikoterapis Virginia Satir mengatakan, “Kita perlu empat pelukan sehari untuk bertahan hidup, delapan pelukan per hari untuk kesehatan, dan 12 pelukan per hari untuk pertumbuhan.”

7. Memperbaiki Komunikasi

Salah satu komunikasi nonverbal terbaik adalah lewat pelukan. Pelukan juga dapat meningkatkan kemampuan saling memahami antar pasangan.

 

Gambar utama : Berpelukan via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.