Siapakah Duke Kahanamoku Yang Ulang Tahunnya Dirayakan Google Doodle Hari Ini?

  • Share

NGONOO.com – Kalau kemarin ada pendiri Pundaneum Paul Otlet yang dirayakan oleh google doodle, sekarang ada Duke Kahanamoku yang ulang tahunya juga dirayakan oleh google doodle. Siapakah Duke Kahanamoku itu? Berikut ini pemaparanya.

via blog.jimcanole.com
via blog.jimcanole.com

Dilansir oleh szaktudas.com Duke Kahanamoku merupakan legenda surfing asal Amerika. Dalam mesin pencari terbesar itu menggunakan tema Duke Kahanamoku sebagai hari lahir yang bertepatan pada tanggal 24 Agustus. Duke Kahanamoku terdaftar sebanyak lima kali mendapat mendali emas di cabang renang sebagai wakil dari Amerika Serikat. Ia juga di kenal dengan nama “Kahuna Besar”, yaitu seseorang pria keturunan ningrat asal Hawaii.

Duke Kahanamoku asli orang hawaii, lalu berpindah ke Amerika Serikat dan pernah berperan sebagai bintang film. Dengan langkah tersebut, ia bisa bekerjasama dengan beberapa orang disana sekaligus bisa mempublikasikan olahraga surfing. Duke Kahanamoku pernah bergabung di Los Angeles Athletic Club.

Perlu diketahui bahwa Duke Kahanamoku di besarkan di pantai Hawai. Disanalah ia belajar berenang sampai membuat prestasi. Duke Kahanamoku juga pakar dalam soal papan surfing. Ia pernah membuat papan surfing terpanjang. Bahkan juga jadi sorotan media sesudah berhasil berdiri selama 3 jam diatas papan surfing.

via surfertoday.com
via surfertoday.com

Pada tanggal 14 Juni 1925, Duke Kahanamoku mencatatkan momen bahwa ia pernah menyelamatkan nelayan yang kapalnya terbalik di Newport Beach California. Dengan melakukan surfing, Dua teman peselancar lain yang menenami Kahanamoku juga menyelamatkan 4 orang nelayan. Kepala polisi Newport mengatakan usaha penyelamatan Kahanamoku dengan memakai selancar juga sebagai suatu aksi super penyelamatan dengan papan surfing yang pernah ada didunia.

Semua prestasi yang sudah ditorehkan Duke Kahanamoku, bukan hanya sebagai penyelamat, melainkan juga menjuarai beberapa event-event surfing dan poli air di masanya. Lumrah saja jika di hari ulang tahunya pada hari ini Google memperingatinya dengan menempatkan doodle yang bergambar wajah komplit dengan latar belakang pantai Hawaii serta logo papan selancar sebagai background fotonya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.