SSD Buatan Samsung Ini Kapasitasnya Mencapai 16TB!

  • Share
SSD
SSD

NGONOO.com – Samsung memang tidak pernah absen dalam menghadirkan produk terbaru, setelah merilis Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+, produsen asal Korea Selatan ini juga baru saja mengumumkan SSD dengan kapasitas penyimpanan terbesar di dunia, mencapai 16TB! Edan.

Untuk saat ini SSD dari Samsung tersebut masih disebut dengan nama PM1633a. Walaupun memori penyimpanannya mencapai 16TB, akan tetapi ukurannya terbilang sangat kecil, yaitu hanya sebesar 2,5 inch saja.

Samsung PM1633a
Samsung PM1633a

Menariknya, SSD ini sudah diproduksi menggunakan teknologi NAND flash 256GB terbaru kepunyaan Samsung. Tapi kok bisa ya SSD mungil ini mempunyai kapasitas penyimpanan hingga sebesar 16TB?

Samsung PM1633a
Samsung PM1633a

Ternyata Samsung menggunakan teknologi memori flash generasi terbaru serta menyusun transistornya secara vertikal guna memanfaatkan ruang kosong yang ada. Oke juga nih ide dari Samsung.

Samsung PM1633a
Samsung PM1633a

Kemungkinan besar SSD ini dipersiapkan Samsung untuk menyasar segmen enterprise atau untuk kebutuhan server. Karena Samsung juga memperlihatkan desain untuk sebuah server yang bisa menampung PM1633a sebanyak 48 unit dengan total kapasitas penyimpanan hingga 768TB! Gokil.

Namun sayang sampai sekarang Samsung belum mengumumkan mengenai ketersediaan maupun harga jual dari SSD barunya tersebut.

Gambar : SSD via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.