Sambut Musim Haji, Kementrian Agama Luncurkan Aplikasi Haji Pintar

  • Share

NGONOO.com – Di era smartpone seperti saat ini, para penggunanya telah dimanjakan dengan bermacam-macam aplikasi yang bertujuan untuk membantu dan mempermudah berbagai kegiatan, baik kegiatan sehari-hari maupun kegiatan musiman. Tak terkecuali bagi para jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci pada musim haji tahun 2015 ini.

Untuk menyambut musim haji tahun ini, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama meluncurkan sebuah aplikasi untuk memanjakan para calon jamaah haji Indonesia yang diberi nama ‘Haji Pintar’.

Screenshot_2015-08-21-13-13-38

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store untuk Android dan Apple App Store untuk iOS itu berisi layanan informasi haji secara online.

Aplikasi Haji Pintar ‎memiliki berbagai macam fitur, diantaranya petunjuk jalan dan lokasi, akomodasi, jadwal penerbangan, katering, bus shalawat, doa-doa manasik, hingga informasi kesehatan. Masing-masing fitur tersebut bisa diklik dan berisi berbagai informasi yang sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji.

Screenshot_2015-08-21-13-16-03

Dikutip dari Liputan6, menurut Kabag Humas PPIH Embarkasi Solo, ‎Gentur Rachma Indriadi, aplikasi tersebut sangat membantu para calon jamaah haji yang tersesat ataupun ingin mencari lokasi pemondokannya di Tanah Suci. Sebab, dengan mengklik menu informasi akomodasi akan tertera peta serta informasi mengenai letak lokasi pemondokan.

“Para calon jamaah haji akan dipandu dengan GPS untuk menemukan lokasi pemondokannya. ‎Semua pemondokan para calon jamaah haji sudah terkoneksi dengan GPS. Ini akan memudahkan untuk mencarinya,” katanya di Asrama Haji Donohudan Solo.

Screenshot_2015-08-21-13-16-30

Selain fitur menu akomodasi dan petunjuk jalan, lanjutnya, aplikasi tersebut juga memuat informasi terkait jadwal keberangkatan hingga jadwal kepulangan masing-masing kloter dari seluruh embarkasi yang ada di Indonesia. “Selain berisi jadwal penerbangan, juga memuat bandara-bandara yang digunakan di Arab Saudi,” jelas Gentur.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan‎ para calon jamaah haji yang mengakses aplikasi tersebut juga dengan mudah bisa mengetahui menu makanan apa yang akan disajikan oleh pihak katering. Karena di fitur katering pada aplikasi Haji Pintar memuat semua menu makanan, mulai sarapan pagi, siang hingga makan malam.

“Menu makanan selama satu minggu bisa dilihat dengan klik menu katering. Informasi menu makannya sangat detail dan lengkap,” tambahnya.

Aplikasi yang bisa diunduh secara cuma-cuma itu, dikatakan Gentur, baru diluncurkan pada musim haji kali ini. Diharapkan aplikasi tersebut dapat membantu dan mempermudah para calon jamaah haji dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. ‎

gambar Masjidil Haram via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.