Hanya 5 Serial TV Ini Yang Ramah Untuk Anak-anak? Sungguh, Luar Biasa Sekali Pertelevisian Indonesia

  • Share

NGONOO.com – Memang tidak perlu diragukan lagi bahwa acara di tv kita sekarang ini sangat mengkhawatirkan. Banyak serial tv yang hanya mencari rating demi keuntungan semata ketimbang edukasi. Padahal anak-anak sekarang sukanya nonton tv, bagaimana kalau di tv tidak ada acara yang mengedukasi mereka? Apa dengan cara nonton film cinta-cintaan setiap hari? Wajar saja jika anak SD sekarang sudah pandai jatuh cinta. Sekali lagi, ini benar-benar luwar biasa.

Dilansir oleh muvilia.com, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis deretan tayangan televisi yang ramah ditonton untukĀ anak-anak. Komisioner KPI Bidang Pengawasan Agatha Lily sempat mengatakan bahwa ada tujuh tayangan televisi yang direkomendasikan untuk ditonton anak-anak pada tahun lalu. Nah pada tahun ini menurun menjadi 5 saja, Keren bukan? Sungguh, luar biasa sekali pertelevisian di Indonesia ini. Berikut 5 tontonan ramah anak yang masih tayang di televisi sampai hari ini.

1. Adit Sopo Jarwo

via bioskopanak.com
via bioskopanak.com

Adit Sopo Jarwo adalah serial animasi anak-anak yang dirilis pada 27 Januari lalu dan disiarkan di MNC TV. Serial produksi MD Animation ini mengisahkan tentang persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi serta Sopo dan Jarwo. Program ini berhasil dinominasikan dalam berbagai ajang penghargaan di Indonesia untuk kategori serial animasi terbaik. Sampai saat ini, Adit Sopo Jarwo masih ditayangkan di MNC TV setiap hati pukul 18.00.

2. Laptop Si Unyil

via kompasiana.com
via kompasiana.com

Laptop Si Unyil tayang pertama kali di Trans 7 mulai 19 Maret 2007 setiap hari Senin s/d Jumat pukul 13.00 WIB. Tayangan laptop Si Unyil lebih menggali soal ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga tentang permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Si Unyil akan bertindak sebagai pengamat yang akan bertutur dan bercerita kepada pemirsanya tentang apa yang sedang dibahas setiap episodenya.

3. Curious George

via thesaltybeatnik.com
via thesaltybeatnik.com

George adalah monyet yang penuh rasa ingin tahu yang tinggal di kota bersama dengan pemiliknya, si pria bertopi kuning. Setiap episodenya, George mencoba menjawab beberapa pertanyaan sederhana yang bisa saja ada dalam pikiran anak-anak pada umumnya. Serial ini ditayangkan di ANTV setiap Senin sampai Jumat pukul 14.00 dan Sabtu-Minggu pukul 14.30.

4. Disney Junior

via cargocollective.com
via cargocollective.com

Selain produksi dalam negeri, MNC TV juga mempersembahkan tayangan animasi yang diproduksi Disney Junior. Mulai Sofia The First sampai Sherrif Callie Wild West. Putri Disney, Sofia The First ditayangkan setiap Senin sampai Jumat pukul 05.30. Tayangan ini selain diwarnai iringan musik dan visual, juga dibumbui pesan positif untuk anak-anak. Sementara Disney Junior: Sheriff Callie Wild ditayangkan Sabtu dan Minggu pada jam yang sama. Tayangan ini berisi serial komedi musikal untuk anak-anak pra-sekolah.

5. Dora The Explorer

via nickjr.com
via nickjr.com

Dora gemar sekali berpetualang ditemani si Boot, monyetnya yang lucu, dan ranselnya. Tapi kadang-kadang Dora tersesat dan tidak dapat menemukan jalan kembali. Nah, di saat seperti ini Dora akan mengeluarkan peta ajaibnya. Dora juga akan mengajak anak-anak untuk belajar berhitung dan mengenali beragam macam benda. Serial animasi Nickelodeon ini diputar di GlobalTV setiap Sabtu dan Minggu pukul 05.00 WIB.

 

Gambar : Anak Kecil Nonton tv via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.