9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Anak Tak Menjauh Perlahan Dari Orang Tuanya

NGONOO.com – Banyak hal yang bisa dilakukan ketika anda melalui hari bersama dengan anak. Berapa banyak orang tua yang sibuk diluar sana dengan pekerjaanya? Berapa banyak anak diluar sana yang mencari kesenangan dari orang lain karena tidak adanya waktu bersama keluarga? Sebagai orang tua, pantaskah kita melupakan buah hati tercinta? Sederhana saja, luangkan waktumu dan bahagiakan anakmu. Maka mereka akan mengerti betapa sayangnya engkau kepada mereka.

Berikut ini ada tulisan yang dikutip dari liputan6.com tentang 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Anak Tak Menjauh secara Perlahan Dari Orang Tuanya, semoga bisa bermanfaat.

1. Berikan Pelukan

via carapedia.com
via carapedia.com

Sesibuk apapun anda sebagai orang tua, Anda harus memberikan waktu bersama anak, apakah di pagi hari, atau sebelum dan setelah pulang kerja, anda juga dapat memeluknya sebelum tidur. Terkadang kasih sayang seperti ini bisa menjadi cara untuk memberikan ketenangan kepada anak anda.

2. Menyisihkan Waktu Luang

via fimela.com
via fimela.com

Anda hanya perlu menyisihkan waktu sehari dalam seminggu untuk berkumpul dengan Anak-anak anda. Sembari santai, Anak-anak bisa diajak berbicara, biasanya mereka lebih suka diberitahu dengan cara yang serius atas kesalahan yang telah diperbuatnya, ketimbang mengomel dan memarahinya.

3. Membuat Janji Dengan Anak

via mummadiaries.com
via mummadiaries.com

Anak-anak akan merasa istimewa ketika tahu kalau mereka sama pentingnya dengan jadwal Anda yang sibuk. Ajak anak Anda keluar rumah minimal 30 menit hingga 1 jam setiap hari untuk melakukan sesuatu bersama-sama. Bangunkan anak 15 menit lebih awal agar anak bisa yakin kalau Anda menepati janjinya.

4. Mengajak Anak Belanja

via applepark.com
via applepark.com

Ketika Anak menjadi murung karena lelah dengan kegiatanya di sekolah, Anda bisa mengajaknya belanja bersama. Biarkan mereka tahu kalau Anda senang memiliki waktu dengan mereka.

5. Bicara dan Bermain

via justincoulson.com
via justincoulson.com

Ketika Anda menghabiskan waktu dengan anak, cobalah untuk lebih banyak berbicara kepadanya. Tanyakan tentang hari mereka di sekolah dan lain sebagainya. Mereka pasti akan menghargai Anda. Anda juga bisa menyelingi pembicaraan dengan melakukan permainan sambil bercanda ria.

6. Ajari Anak Bagaimana Bersikap yang Baik

via dads.org
via dads.org

Cobalah untuk makan malam keluarga setiap hari di mana setiap orang akan berinteraksi satu sama lain. Bersiaplah untuk memperhatikan cara anak Anda berbicara, terutama jika ia sudah menginjak usia seorang remaja. Mereka akan cenderung lebih banyak berbicara. Selama dan setelah makan malam, matikan internet, TV dan ponsel Anda untuk tidak membuang waktu dengan anak Anda.

7. Bacakan Sebuah Cerita

via dyslexia.ie
via dyslexia.ie

Anak-anak suka mendengarkan ibu atau ayah membacakan cerita untuk mereka, membaca dengan anak-anak akan membantu mereka juga untuk pandai membaca.

8. Mampu Mengendalikan Diri

via parentinghub.co.za
via parentinghub.co.za

Di tempat kerja mungkin Anda stres, tapi jangan sisakan rasa lelah Anda di rumah. Tiba di rumah dengan bahagia di depan anak akan membuat anak Anda senang dibanding Anda memasang wajah marah dan lelah.

9. Selalu Berpikir Positif

via huffingtonpost.com
via huffingtonpost.com

Buang pikiran negatif dan bangun perasaan positif agar anak juga merasa memiliki Anda. Jangan pelit dengan waktu, Seorang anak sangat membutuhkan perhatian dan jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan sibuk dan tidak memiliki waktu.

 

Gambar : Mendampingi Anak Belajar via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.