Arsip  

Akan Menggelar Liga di Bulan Oktober, PSSI Abaikan Verifikasi Klub Oleh BOPI

NGONOO.com – Selaku induk tertinggi sepakbola Indoneisa, PSSI berencana akan menggelar kembali Indonesia Super League (ISL) pada bulan Oktober mendatang. Namun, untuk membverfikasi klub peserta yang berjumlah 18 tim, PSSI pimpinan La Nyalla ini tidak akan melibatkan Badan Olahraga Profesional Indoneisa (BOPI).

Keputusan akan digelarnya Liga muncul setelah terjadi rapat Komite Eksekutif pada hari Senin (3/8) siang di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta. Menanggapi hal tersebut, Ketua BOPI Muhammad Noor Aman snagat antusias. Namun dengan satu syarat, semua tim harus lolos verifikasi.

“Kami mendukung jika PSSI mau menggulirkan kompetisi. Namun, semua tim harus melewati verifikasi dari kami. Saya rasa, semua bisa berjalan lancar jika semua pihak mau melengkapi segala persyaratan,” kata M. Noor dikutip dari Metro.

Indonesia Super League
Indonesia Super League

Akan tetapi, direktur Kompetisi PSSI, Tommy Welly menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan melibatkan BOPI dalam memverifikasi klub peserta. “Hasil rapat exco PSSI pada 3 Agustus lalu adalah kompetisi akan segera digulirkan. Ada info, BOPI harus dilibatkan, tapi kami tegaskan, kompetisi sepak bola tidak perlu BOPI,”

Direktur Hukum PSSI, Aristo Pangaribuan menyebutkan bahwa “Semua kegiatan sepakbola, baik turnamen maupun kompetisi, atas perintah Undang-Undang No.3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, sudah sangat jelas bahwa itu harus dilakukan oleh induk cabang olahraga, dalam hal ini PSSI,”

Berbekal UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), PSSI akan tetap menjalankan verfikasi tanpa melibatkan BOPI. Sebelumnya, BOPI tidak melolosan dua klub Arema Indonesia dan Persebaya Surabaya karena masalah internal klub yang memiliki dua kepengurusan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.