7 August 2015

Tanpa Kamu Sadari Ternyata ada 7 Cara Mengurangi Makan Biar Nggak Gendut

NGONOO.com –  Banyak orang tidak menyadari tentang apa yang telah mereka makan setiap hari. Memang terkadang hati terasa gundah ketika harus menolak makanan enak yang sudah tersedia di depan mata, tapi apalah daya, kita sebagai manusia penuh dosa akhirnya juga ngembat makanan itu dengan lahapnya dan akhirnya kenyangpun tak dapat dihindari. Begitulah seterusnya hingga perut anda penuh terisi makanan, padahal makanan yang sebelumnya belum tercerna dengan baik, sehingga ngumpul di perut dan terciptalah perut yang cembung. hehehe, pisss 😀

Dibalik itu semua ternyata ada cara ampuh yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengurangi tingkat makan yang biasanya berlebihan. Tenang saja, hal ini biasanya nggak kerasa, tapi harus tetap dibiasakan agar semuanya baik-baik saja.

1. Ngemil Dulu Sebelum Pergi Makan

via vemale.com

via vemale.com

Ketika anda berencana pergi makan malam di luar bersama teman, usahakan Setengah jam sebelumnya, konsumsi 200 kalori lebih dulu, Anda bisa makan camilan yang setidaknya mengandung 15 gram protein. Dengan perut yang dipenuhi protein mengenyangkan, hormon rasa lapar pun akan menurun. Sehingga, saat di tempat makan, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Dua makanan ringan yang bisa jadi pilihan adalah susu yang mengandung protein atau apel, selain mengandung serat juga mengandung lemak.

2. Berhentilah Sebelum Kenyang

via ahliwasir.com

via ahliwasir.com

Saat makan, bayangkan pengukur tangki bensin mobil mendeteksi isi perut Anda. E atau empty berarti Anda lapar dan F atau Full berarti Anda kenyang. Tujuannya untuk menjaga setengah atau tiga seperempat isi perut. “Jadi, makanlah sebelum perut terlalu kosong dan berhentilah makan ketika Anda merasa puas atau cukup, sebelum perut membesar karena terlalu kenyang,” ujar Matt Lawson, M.A., pelatih penurunan berat badan dari iBehaviorCoach.

3. Kunyah Makanan Hingga Halus

via liputan6.com

via liputan6.com

Anda tentu pernah mendengar saran ini sebelumnya, kunyahlah setiap makanan yang masuk ke dalam mulut sebanyak 33 kali. Nyatanya, memang ada fakta ilmiah di balik itu. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengunyah lebih banyak dalam setiap suapan, makan 12 persen lebih sedikit dibanding mereka yang mengunyah 12 kali. Para peneliti percaya, mengunyah makanan lebih lama sebelum menelannya, mempercepat pelepasan hormon usus yang berkaitan dengan rasa kenyang.

4. Makanlah Layaknya Kritikus Restoran

via kokiku.tv

via kokiku.tv

Luangkanlah waktu untuk mencatat tekstur makanan, rasa dan aroma dari makanan yang Anda konsumsi. Pikirkan tentang dari mana asal dan sumbernya. Makan dengan penuh kesadaran akan memperlambat Anda memasukkan makanan ke dalam mulut.

5. Rencanakan Dengan Tepat Untuk Belanja Bahan Makanan

via molto.co.id

via molto.co.id

Sebuah studi di JAMA Internal Medicine melaporkan, bahwa belanja saat lapar umumnya akan membuat Anda memenuhi keranjang belanja dengan berbagai makanan tinggi kalori. Waktu terbaik untuk belanja adalah setelah sarapan di akhir pekan, ujar Anita Mirchandani, R.D., seorang pakar diet dari New York. Jika waktunya tidak tepat, lakukan sebelum pergi menikmati akhir pekan Anda. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa belanja bahan makanan dengan daftar akan mengurangi kemungkinan Anda membeli makanan tinggi kalori yang menggoda mata Anda.

6. Belilah Alat Makan Yang Baru dan Unik

via maestroantikpurwokerto.blogspot.com

via maestroantikpurwokerto.blogspot.com

Rata-rata piring di Amerika ukurannya telah diperbesar 23 persen dari abad lalu. Tak heran jika di masa ini, ukuran pinggang banyak orang melebar seperti balon. Tapi, Anda bisa mengakalinya dengan memilih piring berwarna atau bermotif. Piring model ini akan membuat porsi kecil terlihat besar, karena piring akan terlihat berisi, menurut hasil penelitian yang telah diterbitkan di International Journal if Obesity.

7. Hati-hati Jika Terjebak dengan Porsi Makan Besar

via wartabuana.com

via wartabuana.com

Restoran sering kali menyajikan menu dengan porsi berlebihan. Misalnya saja hamburger yang seharusnya hanya berukuran 2,5 ons di restoran umumnya disajikan dengan ukuran 5,3 ons. Untuk menghindari makanan berlebih, hindari menghabiskannya seorang diri. Bagi dengan teman dan hapus pikiran bahwa Anda tak kenyang dengan setengah porsi.

 

Gambar utama : Makan Bersama via Shutterstock

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *