Efek Rumah Kaca Kembali Rilis Single Baru “Biru”

  • Share

NGONOO.com – Setelah sebulan yang lalu merilis sebuah single berjudul Pasar Bisa Diciptakan, band asal Jakarta Efek Rumah Kaca kembali merilis sebuah single baru lagi yang berjudul “Biru”. Tak berbeda jauh dari lagu sebelumnya, lagu ini pun bisa di download gratis lewat akun resmi Soundcloud Efek Rumah Kaca.

Menurut band yang digawangi oleh Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass), Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) ini, “Biru” bukanlah materi yang benar-benar baru karena dasar dari lagu ini telah terbentuk sejak era album pertama. “Ide dasarnya adalah elaborasi lebih lanjut dari lagu ‘Cinta Melulu’, tentang kegelisahan Efek Rumah Kaca terhadap proses berkarya sebuah karya seni dengan posisinya di pasar/industri,”.

Efek rumah kaca

Cholil sang vokalis, memiliki sudut pandang tersendiri untuk materi “Biru” ini. “Seiring dengan waktu, kami sudah tidak sekeras dulu. Masih ada api itu tapi kami ingin lebih kalem. Kami ingin lebih tenang dalam meneriakkan sesuatu. Banyak lirik yang akhirnya diganti karena kami merasa sudah tidak sesuai lagi,” kata Cholil.

“Yang jelas, ‘Biru’ dibuat untuk kami sendiri, tidak ada rencana untuk membuat manifesto atau apapun itu. Ini hanya cermin kegelisahan kami,” ujarnya lagi. “Biru” yang berdurasi hampir 10 menit ini, nyatanya memuat dua fragmen lagu yang tergabung di dalamnya. Di paruh pertama “Biru”, Efek Rumah Kaca memuat versi pendek dan radio edit dari “Pasar Bisa Diciptakan”.

Sedangkan di paruh keduanya, diisi oleh lagu yang berjudul “Cipta Bisa Dipasarkan”. “Secara terpisah, fragmen-fragmen tersebut masing-masing mewakili dua angle dalam proses penciptaan karya dalam kesenian, yakni secara internal dan eksternal. Keduanya membentuk secara utuh. ‘Biru’ sebagai rangkuman pemikiran Efek Rumah Kaca tentang pentingnya eksplorasi dalam proses berkarya,” jelas mereka dikutip dari Rolling Stone Indonesia.

Setelah absen merilis album selama lebih kurang tujuh tahun, Efek Rumah Kaca akhirnya bakal merilis album yang direncanakan rilis pada 2016 nanti dengan judul Sinestesia. “Biru” menjadi gambaran sempurna yang diberikan oleh Efek Rumah Kaca sebagai perwakilan konsep baru dari materi-materi yang bakal dirilis nanti.

“Secara keseluruhan, elemen-elemen utama seperti durasi lagu yang panjang, instrumentasi yang lebih riuh, juga dinamika lagu yang cenderung lebih kompleks dibanding lagu-lagu dalam diskografi awal, bisa menjadi gambaran kasar sekaligus bridging kepada konsep album Efek Rumah Kaca akan datang,” jelas mereka.

Daripada penasaran kaya apa lagu dengan satu materi yang terdiri dari dua fragmen lagu ini? Langsung aja yuk dengerin lagunya berikut ini 🙂

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.