Walikota Surabaya, Bu Tri Rismaharini Ternyata Suka Maen Game Sim City

  • Share

NGONOO.com – Selama ini game selalu diidentikkan dengan efek sampingnya yang berdampak negatif ya gaes. Padahal sebenarnya banyak hal positif lho yang bisa diambil ketika sedang bermain game, khususnya game simulasi.

Hal itulah yang dirasakan oleh Walikota Surabaya, Bu Tri Rismaharini. Wanita yang akrab disapa Risma tersebut mengaku bahwa ia seorang penggemar game simulasi kota garapan EA Games, Sim City. Bu Risma juga menjelaskan bahwa ia memang sering memainkan game simulasi pembangunan kota tersebut. Wih keren juga ya gaes

bu risma

Menurut beliau, game reboot yang diluncurkan pada 2013 itu membuatnya berpikir secara komprehensif terkait bagaimana caranya membangun tata kota yang baik dan benar.

“Setua ini saya masih suka bermain game, tapi game yang dimainkan harus merangsang emosi dan pikiran saya. Nah, contohnya ini Sim City,” ungkapnya.

“Saya itu belajar banyak dari Sim City, di game ini saya harus berpikir secara komprehensif. Misalnya, ada yang tidak sesuai pada sistem pembangunan tata kota, maka warga akan protes. Belum bisa bangun bandara kenapa ya? Karena warganya kurang, mau beli ini beli itu belum bisa karena anggaran biayanya kurang,” ucap Bu Risma.

Komprehensif di sini dimaksudkan Risma adalah ia harus menata kota secara mendetil dan perlu pemikiran mendalam akan efek yang dihasilkan ketika ia hendak membangun sesuatu.

“Saya itu harus berpikir ke semua sektor, ya seperti bagaimana cara membangun kota di kehidupan nyata saja,” tambahnya.

Sim City merupakan game simulation yang digarap oleh Will Wright (Director The Sims) dan dirilis pada 1989. Di game ini, gamer harus membangun sebuah kota lengkap dengan variasi bangunan, industri, perumahan dan masih banyak lagi mulai dari 0-100. Sedangkan seri Sim City reboot yang dirilis pada 2013 pun mendapatkan respon positif.

Nah, jadi emang bener ya gaes ga selamanya game itu selalu berdampak negatif. Karena ternyata game yang biasanya dianggap hanya untuk hiburan dan bersenang-senang semata, nyatanya bisa buat sarana belajar juga 🙂

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.