Google Doodles Hari Ini: Dari Anniversary, Chuseok Hingga Mid Autumn Festival

  • Share

NGONOO.com – Google Doodles hari ini tepatnya 27 September 2015 menampilakan sesuatu yang berbeda. Karena ada 4 peringatan maka Google Doodles memilih untuk menampilkan gambar Anniversary nya, yakni gambar monitor lengkap dengan keyboard dan 2 balon serta pada gambar terakhir diselipkan huruf “e”. Katanya google sedang memperingati ulang tahunya yang ke 17, tapi entahlah kapan ulang tahun google yang sebenarnya. Dikutip dari wikipedia google founded September 4, 1998. Berati di bulan ini usianya benar 17 tahun. Jadi masih wajar jika pada bulan ini google doodles masih memperingatinya.

Tidak hanya itu, pada 27 September ini Google Doodles juga memperingati Chuseok, Mid Autumn Festival Vietnam dan Mid Autumn Festival Vietnam Jepang. Yuk kita bahas satu-satu apa arti dari homepage Google Dooles hari ini.

1. Mid Autumn Festival 2015 (Vietnam)

Mid Autumn Festival Vietnam

 

Mid Autumn Festival adalah festival panen yang dirayakan oleh orang-orang etnis Cina dan Vietnam. Festival ini diadakan pada tanggal 15 bulan kedelapan dalam kalender Cina dan kalender Vietnam, Mid Autumn Festival diperingati pada malam bulan purnama antara awal September sampai awal Oktober kalender. Vietnam Mid Autumn Festival ini merupakan hari besar kedua setelah perayaan tahun baru.

2. Chuseok

Chuseok

Chuseok atau ditulis sebagai Chusok hari dimana terjadi bulan purnama adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15 kalender lunar. Perayaan ini berupa pesta makanan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen, sehingga juga disebut sebagai Hari Panen, Festival Bulan Musim Panen, atau Hangawi. Han ialah “raya”, Gawi adalah “tengah”, jadi hari besar di tengah-tengah musim gugur.

3. Mid Autumn Festival 2015 (Jepang)

Mid Autumn Festival Japan

Mid Autumn Festival bernama Tsukimi atau Otsukimi ternyata juga ada di Jepang. Perayaan festival ini berlangsung pada hari ke-15 dari delapan bulan kalender Jepang Lunisor tradisional (biasanya terjadi pada bulan September)

Perayaan ini bertujuan sebagai ungkapan rasa terimakasih dari orang-orang Jepang kepada Dewa. Festival perayaan panen dan pesta makanan, biasanya Orang-orang di Jepang membuat roti kukus, gnocchi, kue beras, dan roti dari talas yang baru matang, ubi jalar, lobak raksasa, dan kacang-kacangan. Semua diletakkan diatas meja bersama dengan buah-buahan, seperti apel, pir, dan kesemek.

Demikianlah 4 perayaan yang diperingati oleh Google Doodles hari ini 27 September 2015.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.