Arsip  

10 Kebakaran Hutan Terbesar dan Terparah dalam Sejarah yang Pernah Terjadi 

NGONOO.com – Duka untuk Indonesia yang hutanya selalu berkurang setiap tahun. Beberapa hari yang lalu bahkan hingga saat ini, Beberapa wilayah di Indonesia masih terjadi kebakaran Hutan, hingga menimbulkan asap yang luar biasa pekat. Faktor utama Kebakaran ini bisa disebabkan oleh Kelalaian Manusia, membakar sampah, membuang puntung rokok sembarangan yang akhirnya merembet kemana-mana. Selain itu, Hutan yang sengaja dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Entah sampai kapan negara ini akan dikuasai oleh orang-orang yang silap akan uang, uang dan uang.

Ternyata tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara belahan dunia juga pernah terjadi kebakaran hutan hebat, 10 diantaranya akan kita bahas pada kesempatan ini. Berikut 10 kebakaran Hutan terbesar dalam sejarah :

1. Kebakaran Hutan Chelan, Oregon

Api yang semula berasal dari kilat di Chelan, Washington, terus meluas. Sampai ke 10 negara bagian Amerika, yaitu Oregon, Washington, Idaho, Montana, California, Nevada, North Carolina, Louisiana, Texas and Arizona pada bulan Agustus 2015.

Oleh karena itu, petugas pemadam pun ditambah sampai sebanyak 30 ribu orang. Apalagi, Pusat Pemadam Kebakaran Nasional mencatat sudah sebanyak 2,9 juta hektar wilayah terbakar. Selain itu, ditemukan 41.194 titik api dan menghanguskan 1.074 bangunan. Begitu mendesaknya bencana kebakaran ini, sampai-sampai Amerika meminta bantuan kepada Australia untuk menjinakkan si jago merah. Amerika juga menerjunkan militernya untuk membantu para pemadam kebakaran.

2. Kebakaran Hutan Peshtigo, Wisconsin

Kebakaran hutan yang terjadi pada 8 Oktober 1871 di hutan Peshtigo, Wisconsin, Amerika Serikat ini menghanguskan lebih dari 3,5 juta hektar lahan hutan dan menewaskan 2.500 orang di Wisconsin.

3. Kebakaran Hutan Hinckley, Minnesota

Kebakaran Hinckley adalah kebakaran besar yang terjadi pada tanggal 1 September 1894 yang membakar area minimal 810 km² , mungkin lebih dari 1000 km², termasuk kota Hinckley dan Minnesota. Api membunuh ratusan orang, dengan jumlah minimum diperkirakan 418 korban jiwa. Namun, beberapa ahli percaya angka sebenarnya dari korban yang meninggal mendekati hampir 800 korban jiwa. Jika demikian, kebakaran ini adalah kedua paling mematikan dalam sejarah Minnesota setelah peristiwa Cloquet.

4. Kebakaran Hutan Laguna, California

Kebakaran Hutan Laguna terjadi pada bulan September 1970 ini menghanguskan 175.000 hektar lahan hutan serta menghancurkan lebih dari 400 bangunan.

5. Kebakaran Hutan Yellowstone, Montana

Kebakaran Hutan Yellowstone yang terjadi pada tahun 1988 di Montana dan Idaho ini membakar lebih dari 1,5 juta hektar . Kebakaran hutan yang terjadi tahun 1988 ini membakar 793.880 acre di Montana dan Wyoming. Yellowstone National Park ditutup untuk semua personil non darurat untuk pertama kalinya dalam sejarah taman National Park Yellowstone.

6. Kebakaran Hutan Kursha-2, Rusia

Kebakaran Hutan Kursha-2 ini terjadi pada 3 Agustus 1936 di Meshchyora Tengah, Oblast Ryazan akibat badai api. Pada kebakaran hutan ini sebanyak 1200 orang dinyatakan meninggal dunia.

7. Kebakaran Hutan Cloquet, Minnesota

Kebakaran Hutan Cloquet adalah suatu bencana api besar di bagian utara Minnesota pada Oktober, 1918. Disebabkan oleh percikan pada kereta api lokal ditambah dengan kondisi kering. Bencana ini menyebabkan bagian barat Carlton County hancur, Moose Lake, Cloquet, dan Sungai Kettle. Wilayah Cloquet adalah wilayah yang paling rusak oleh bencana ini. Bencana ini merupakan bencana alam terburuk dalam sejarah Minnesota. Total korban jiwa yang meninggal mencapai 453 nyawa hilang dan 52.000 orang terluka atau mengungsi, 38 komunitas hancur, 250.000 hektar lahan (1.000 km2) terbakar, dan kerugian sebesar $ 73.000.000 dalam kerusakan properti diderita.

8. Kebakaran Hutan Thumb, Michigan

Kebakaran ini terjadi pada tanggal 5 September 1881, di daerah Thumb, Michigan di Amerika Serikat. Api yang membakar lebih dari satu juta hektar (4.000 km²) dalam waktu kurang dari satu hari, adalah konsekuensi dari kekeringan yang melanda, ditambah hembusan angin, panas, dan kerusakan ekologi yang ditimbulkan oleh penebangan. Kejadian ini, disebut “the Great Thumb Fire” , “the Great Forest Fire of 1881” atau “the Huron Fire” yang membunuh 282 orang di Sanilac, Lapeer, Tuscola dan Huron. Perkiraan kerusakan yang ditimbulkan mencapai kerugian $ 2.347.000.

9. Kebakaran Hutan Kalimantan, Indonesia

Akibat terjadinya kemarau panjang pada tahun 1982-1983 menjadi pemicu kebakaran hutan di Pulau Kalimantan. Pada peristiwa kebakaran hutan ini menyebabkan 3,2 juta lahan hutan musnah dilahap api dengan kerugian mencapai lebih dari Rp. 6 Triliun.

10. Kebakaran Hutan di Riau, Indonesia

Yang baru-baru ini terjadi, kebakaran hutan di Riau dan Jambi. Kepala Kepolisian Jenderal Badrodin Haiti menduga ada unsur kesengajaan dalam kasus kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah wilayah Indonesia bagian barat. Hingga hari Senin (7/9), kebakaran hutan di Provinsi Riau dan Jambi belum bisa dipadamkan.

Sejumlah laporan menyebutkan, Badan penanggulangan bencana daerah (BNPD) Riau mencatat, sebanyak 1.264,75 Ha lebih hutan dan lahan di Riau telah terbakar, dan akan terus bertamabah jika tidak ada penanggulangan cepat dari semua pihak. (cnnindonesia)

Kebakaran hutan ini berdampak sangat besar terhadap manusia dan mahluk hidup lainnya baik berdampak langsung, dampak ekologis, dampak ekonomi, dampak kesehatan atau dampak sosial.

Kebakaran hutan merupakan bencana bagi keanekaragaman hayati. Tak terhitung berapa jumlah spesies tumbuhan dan hewan yang punah dilahap api. Bayangkan, anak cucumu kelak tidak dapat menikmati keindahan Indonesia yang sebenarnya dan semua itu hanya akan menjadi sebuah cerita. Mulailah sekarang dari dirimu sendiri, melakukan hal kecil yang manfaat.

 

Gambar : Kebakaran Hutan via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.