Kalian Tau Gak, Ternyata Apple Menjual iPhone 6s 3x Lipat Lebih Mahal dari Total Biaya Untuk Komponen

  • Share

NGONOO.com – Hae sobat NGONOO, kali ini kami akan memberikan sebuah informasi yang mungkin akan berguna buat kalian. Jadi gini gais, kalian tau gak kalau ternyata Apple hanya membutuhkan biaya sebesar $234 atau sekitar 3,3 juta rupiah untuk semua komponen yang ada pada iPhone 6s model 64GB.

Nah, saat ini iPhone 6s model 64GB dibanderol seharga $749 atau sekitar 10,8 jutaan rupiah, itu berarti harga iPhone 6s model 64GB dibanderol 3x lebih mahal dari total biaya yang dibutuhkan untuk seluruh komponen yang digunakan.

Komponen yang paling mahal terdapat pada bagian semi konduktor, yaitu sebesar $127.2 atau sekitar 1,8 jutaan rupiah. Bagian semi konduktor sendiri terdiri dari jaringan seluler, chipset 64-bit A9, sensor fingerprint, NFC dan sensor lainnya, serta flash memory 64GB.

Sementara biaya untuk komponen, seperti layar, kamera, dan baterai mencapai $73,8. Sedangkan biaya untuk komponen yang lainnya sebesar $33. Jika ditotal, maka biaya yang dibutuhkan untuk semua komponen pada iPhone 6s berjumlah $234.

Grafik Biaya iPhone
Grafik Biaya iPhone

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk komponen iPhone 6s ternyata juga lebih mahal bila dibandingkan dengan biaya untuk iPhone model lainnya. Berdasarkan grafik di atas, biaya yang dibutuhkan untuk membuat iPhone 6 Plus mencapai $222,8 atau sekitar 3,2 jutaan rupiah, sedangkan biaya untuk iPhone 6 sebesar $205,8 atau sekitar 2,9 jutaan rupiah, dan biaya untuk komponen iPhone 5s hanya $181,7 atau sekitar 2,6 jutaan rupiah.

Lantas, kenapa iPhone bisa dijual dengan harga yang sangat mahal? Tentu saja Apple tidak hanya menghitung biaya untuk komponen saja, tetapi juga biaya untuk pengembangan, promosi, distribusi, dan tentu saja biaya untuk menggaji para pegawai Apple.

Gambar : iPhone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.