Lolos Technical Inspection, Tim Garuda F15 UNY Melaju di Track Ecopa Stadium Jepang

  • Share

NGONOO.com – Garuda F15─mobil formula buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, berhasil melalui serangkaian uji inspeksi pada 2015 Student Formula Japan (SFJ). Technical inspection dilakoni Garuda F15 selama 2 hari berturut-turut dan pada Kamis (3/9) lalu, mobil formula tersebut resmi melaju di track balapan untuk menjalani autocross race.

Dalam uji kendaraan tersebut, semua mobil formula menjalani serangkaian pemeriksaan, yang meliputi kesesuaian mobil dengan aturan yang telah ditentukan, emergency driver escape, weight test, tilt test, serta noise and brake test. Emergency driver escape menguji lama waktu seorang racer keluar dari cockpit. Tes ini sekaligus menguji pengetahuan keempat pembalap tim mengenai warna bendera serta fungsinya. Uji kendaraan selanjutnya adalah weight test untuk mengukur berat kendaraan yang langsung dilanjutkan dengan tilt test, yaitu pengecekan kebocoran pada kendaraan dengan cara memiringkan kendaraan 45 derajat dan 60 derajat. Pada kesempatan uji kebisingan dan rem, F15 dituntut untuk memenuhi kriteria tingkat kebisingan minimal 110 db dan mendapatkan stiker lolos yang ketiga. Dengan lolosnya F15 pada uji kendaraan untuk dynamic event tersebut, tim makin berkonsentrasi pada performa kendaraan di race.

tilt test press release

“Mobil sudah lolos scrutineering. Sebentar lagi kita ke autocross, kami sedang mempersiapkan kendaraan seprima mungkin untuk track disini,” tutur Ninda, ketua tim teknis Garuda UNY. Tim mobil dari UNY bersama-sama dengan Sapu Angin dari ITS telah lolos uji inspeksi dan menjajal track di ECOPA Stadium. Kedua wakil dari Indonesia di SFJ 2015 ini dijadwalkan akan menjalani beberapa kategori balapan, yakni autocross, endurance, acceleration, dan skidpad.

Selain melalui uji kendaraan, Garuda UNY Racing Team juga mengikuti presentasi cost report dan design report. Dalam presentasi design report, tim didampingi oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A dan Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik (FT) UNY Budi Dr. Tri Siswanto, M.Pd. Garuda UNY mendapatkan apresiasi yang baik dari juri dalam presentasi design report, “Juri mengaku terpukau dengan desain yang dibuat oleh GURT (Garuda UNY Racing Team.red). Sebagai pendatang baru, katanya desain mobil yang kami buat sudah bagus” ujar Anis, public relation officer, mewakili tim.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.