Jomblo Makin Banyak, Produsen Game Jepang Ciptakan Pacar Virtual

  • Share

NGONOO.com – Bagi sebagian orang, status jomblo munkin jadi hal yang kurang menyenangkan ya gaes, karena kemana-mana sendirian ga ada yang nemenin, ga ada yang merhatiin. Tapi apa daya kalo emang belum ada yang mau dijadiin pasangan. Mau ga mau ya terpakasa deh ngejomblo dulu deh.

Eits tapi jangan khawatir gaes, buat kamu-kamu yang jomblo tapi pengen ngerasain punya pacar ada solusinya. Di Jepang, para lelaki jomblo bisa punya pacar virtual dari sebuah game buatan Konami bernama Love Plus. Game ini tersedia untuk Nintendo dan iPhone.

Di game tersebut ada tiga ‘perempuan cantik’ yang bernama Rinko, Manaka, dan Nene. Ketiga karakter pacar virtual ini memberikan koneksi emosional secara instan. Mereka bisa memberi ciuman, ‘memegang’ tangan si gamer, bertukar pesan teks yang menggoda, hingga marah jika pacarnya meninggalkan percakapan.

loveplus
Karakter Rinko, Manaka, dan Nene di game pacar virtual Love Plus

“Tak ada perselisihan di dalam hubungan ini. Pacar-pacar virtual ini bersikap sangat manis dari cara mereka merespon para lelaki, lengkap dengan mata besar dan wajah berbentuk hati. Siapa yang tak mau?” ujar fotografer asal Swedia, Loulou d’Aki yang mendokumentasikan sejumlah pemain Love Plus di Jepang. D’Aki bersama penulis sains Roland Fischer, mencari tahu pengaruh kehadiran percakapan online dengan kekasih virtual mereka.

“Jika Anda mencari di Google ‘Japan’ dan ‘Love’, Anda akan menemukan banyak artikel tentang orang-orang kesepian yang tak pernah menikah. Saya tidak ingin mengucilkan itu, tapi saya mau menunjukan aspek manusia — cerita individu di balik siapa saja yang menggunakan aplikasi ini,” kata d’Aki lagi.

Ia pun mengobservasi banyak warga Jepang berusia sekitar 30-an yang lebih memilih hidup sendiri dibanding memburu cinta. Mereka yang menggunakan Love Plus, ada beberapa yang menyadari bahwa itu hanya sistem dan kecanggihan komputer, sehingga tidak terbuai lebih dalam. Tapi ga sedikit juga di antaranya yang terjebak suasana yang kemudian jatuh cinta dengan karakter perempuan di dalamnya. Mereka juga mengaku tak sabar menunggu pembaruan game tersebut.

Bahkan salah satu penggunanya yang bernama Masano mengaku udah berkencan dengan karakter Rinko sejak 2009. Ia pun menyatakan bahwa ‘berpacaran’ secara virtual sedikit meringankan rasa takut akan kegagalan menjalin hubungan di dunia nyata.

Kabarnya game pacar virtual ini ga terbatas hanya untuk para lelaki jomblo aja gaes. Pengembang game ini akan merilis sejumlah simulasi percintaan juga untuk kaum wanita.

Nah kalo kamu sendiri gimana mblo? Pilih cari pacar beneran walaupun sering gagal, atau mentok mau pacaran sama pacar virtual aja? :p

gambar virtual dating via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.