10 Makanan Khas Jogja yang Patut Anda Coba Jika Berkunjung ke Kota Serba Istimewa Ini

  • Share

NGONOO.com – Selain terkenal dengan kota pelajar, Jogja juga terkenal dengan kota kuliner, dari mulai jajanan pasar hingga makanan berat yang bikin perut buyar. Kota dengan beraneka ragam kuliner ini membuat Jogja menjadi tujuan wisata para turis lokal maupun mancanegara yang berburu makanan lezat dan menggugah selera, maklum Jogja menyediakan semua apa yang dibutuhkan, begitulah kira-kira.

Nggak asik rasanya kalau sudah ke Jogja nggak icip-icip makananya, berikut ini kita hadirkan 10 Makanan Khas Jogja yang Patut Anda Coba. Kita Mulai dari makanan berat hinga yang paling ringan,

1. Gudeg

via liputan6.com
via liputan6.com

Posisi dengan rating paling banyak di cari di Jogja adalah Gudeg. Gudeg tentu bukan nama yang asing buat para pecinta kuliner. Gudeg adalah makanan dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Rasa dari Gudeg ini adalah manis seperti daku ini yang manisnya teramat sangat. (Cukup)

2. Oseng-oseng Mercon

via berrykitchen.com
via berrykitchen.com

Jika Anda adalah pecinta cita rasa pedas, cobalah oseng-oseng mercon. Makanan ini terdiri dari campuran daging dan lemak yang diolah sedemikian rupa dengan rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa pedas. Bagi yang belum pernah dan baru mau mencoba, siapkan air minum secukupnya ya.

3. Jadah Tempe

via slemanjogja.com
via slemanjogja.com

Jadah tempe adalah makanan enak dari dua jenis makanan, yakni jadah (nasi yang sudah ditumbuk dan digempal) dan juga tempe bacem. Jadah terbuat dari ketan putih. Keduanya bisa dibilang serasi dan seringkali menjadi teman minum teh yang cocok. Selain tempe bacem, jadah pun bisa dimakan bersama tahu bacem.

4. Cethil

via kuliner.cahiya.com
via kuliner.cahiya.com

Cethil terbuat dari tepung sagu. Makanan khas Jogja yang satu ini diolah dan dicampur dengan berbagai pewarna makanan atau pewarna alami yang tentunya sangat aman untuk di konsumsi. Pada bagian luar cethil ditaburkan parutan kelapa sehingga rasanya semakin enak. Jajanan ini biasanya tersedia di pasar tradisional Kota Jogja.

5. Tiwul

via youtube.com
via youtube.com

Tiwul adalah makanan khas Jogja tepatnya Kabupaten Gunungkidul. Tiwul terbuat dari singkong dan menjadi makanan pengganti beras bagi penduduk setempat yang menyukai tiwul. Penyajian tiwul biasanya dengan kelapa dan gula agar rasanya lebih enak.

6. Gatot

Gatot

Gatot adalah makanan khas Jogja dari Gunungkidul juga. Gatot juga terbuat dari singkong. Makanan ini biasanya dipadukan dengan tiwul. Warnanya hitam atau coklat dan berasa manis. Teksturnya kenyal dan aromanya sangat khas.

7. Geplak

via kuenyajogja.wordpress.com
via kuenyajogja.wordpress.com

Geplak terbuat dari daging kelapa yang dicampur dengan gula. Penyajian geplak lebih menarik dengan beragam warna. Bisa dibilang, jajanan ini adalah jajanan yang manis. Bagi orang-orang yang sudah manis, mohon untuk mengurangi makan yang manis-manis. Takutnya overdosis karena tingkat kemanisan yang terlalu tinggi. 😀

8. Bakpia

Bakpia

Bakpia adalah makanan khas Jogja yang paling banyak dicari sebagai oleh-oleh. Jika Anda berkunjung ke Jogja dan ingin membawa buah tangan untuk keluarga atau sahabat, bakpia adalah makanan yang tepat. Kita bisa menemukan bakpia di seluruh penjuru kota Jogja.

9. Yangko

via initempatwisata.com
via initempatwisata.com

Yangko adalah makanan khas Jogja juga. Makanan ini terbuat dari tepung beras, rasanya manis dan kenyal. Biasanya yangko berbentuk kotak dengan warna yang bermacam-macam.

10. Kipo

via kratonpedia.com
via kratonpedia.com

Kipo adalah makanan khas Jogja yang terakhir, khususnya daerah Kotagede. Kipo ditengarai berasal dari kata iki opo (ini apa) yang kemudian menjadi nama dari makanan ini. Kipo adalah semacam jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan isi parutan kelapa dan dialasi oleh daun pisang.

Sekian gais ulasan kita tentang makanan kali ini, Inget jangan lupa mampir ke Jogja ya. Banyak yang manis disini 😀 😀

 

Gambar : Makanan Enak via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.