Facebook Resmi Jadi Anggota Unicode Consortium

  • Share

NGONOO.com – Salah satu perusahaan layanan jejaring sosial terbesar saat ini, Facebook, dikabarkan baru saja resmi tergabung menjadi anggota Unicode Consortium. Sebuah grup nirlaba yang memiliki tanggung jawab untuk membuat standar dalam hal penentuan emoticon, alias emoji.

Facebook kini menjadi salah satu anggota dari 11 perusahaan teknologi ternama yang sudah lebih dulu bergabung. Mereka diantaranya Google, Microsoft, Apple, Yahoo, Adobe, dan masih banyak lagi lainnya.

emoji a
emoji via getemoji.com

Untuk menjadi anggota Unicode Consortium, sebuah perusahaan diwajibkan membayar semacam iuran sebesar US$ 18.000 per tahun atau sekitar Rp 250 juta. Dengan mendaftarkan diri menjadi anggota penuh, maka Facebook bisa memiliki hak suara dalam semua kegiatan komite teknis Unicode.

“Kami (Unicode Consortium) menantikan kontribusi Facebook dalam proyek-proyek Unicode, serta berterima kasih atas dukungan dana dari Facebook untuk pekerjaan-pekerjaan yang ada di Unicode,” ungkap Unicode Consortium dalam pernyataan resminya.

Seperti dikutip The Verge, masuknya Facebook ke dalam kelompok Unicode Consortium tidak memiliki efek langsung bagi keduanya. Tapi walau begitu, bergabungnya Facebook dalam kelompok ini menaikkan kekuatan Facebook dalam standar dunia web.

Salah satu prestasi Unicode Consortium yang paling besar adalah pada tahun lalu, saat mereka mengenalkan standar berbagai warna kulit di emoji yang saat ini telah digunakan di perangkat berbasis iOS dan Android.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.