Demi Hemat Biaya, Reporter di Negara Ini Dibekali Iphone 6 untuk Liputan

  • Share

NGONOO.com – Hadirnya smartphone saat ini ga cuma berfungsi sebagai media komunikasi maupun hiburan aja ya gaes. Dengan dilengkapi berbagai macam perangkat dan fitur yang semakin berkembang, maka fungsi smartphone pun semakin beragam. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi kamera di smartphone

Terus berkembang kamera pada smartphone mendorong banyak orang untuk menjadikannya sebagai salah satu pilihan untuk mengambil gambar atau video, menggantikan perangkat profesional lainnya.

Hal itulah yang udah dilakukan oleh salah satu stasiun televisi asal Swiss, Leman Bleu. Stasiun tv ini memilih membekali reporter mereka dengan iPhone daripada menggunakan perangkat profesional untuk melaporkan langsung liputan mereka dari lokasi pengambilan berita.

reporter gunakan iphone
reporter Leman Bleu menggunakan Iphone untuk liputan

Para reporter Leman Bleu pun sekarang ga perlu lagi membawa berbagai macam alat perekam untuk siaran live. Mereka cukup menggunakan tongsis untuk merekam liputan mereka dengan iPhone 6, sedangkan tangan lainnya memegang mic.

Leman Blue menyebutkan bahwa alasan penggantian perangkat ini adalah untuk menekan biaya agar lebih hemat dibanding dengan kamera tradisional. Ditambah lagi, keberadaan aplikasi seperti LIVE+ membuat mereka tak memerlukan lagi truk satelit mahal untuk meliput laporan langsung.

“Langkah ini bukan hanya perkara perangkat yang lebih ringan dan responsif, namun juga sebagai salah satu cara untuk mengurangi biaya produksi sebuah tayangan berita,” ungkap Laurent Keller, News Director Leman Blue.

Keller juga mengungkapkan bahwa pengurangan biaya merupakan hal penting, terutama bagi stasiun televisi lokal yang hanya memiliki sedikit waktu dalam penyiaran berita tiap harinya.

“Ditambah kualitas dari iPhone tidak kalah dengan hasil dari kamera TV standar,” tambah Keller.

Apa yang dilakukan oleh stasiun tv Leman Blue ini juga bukan yang pertama dilakukan. Sebelumnya, juga ada Chicago Sun-Times yang mengistirahatkan semua staf fotografinya dan memilih untuk melatih reporternya menggunakan iPhone.

gambar mbak-mbak reporter via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.