NASA Umumkan Telah Temukan Air di Planet Mars

NGONOO.com –Penelitian tentang planet Mars kembali memasuki babak baru. Badan antariksa Amerika, The National Aeronautics and Space Administration (NASA) baru saja mengumumkan menemukan adanya air di planet ke empat dari tata surya tersebut. Tentu saja penemuan ini cukup mengejutkan banyak pihak yang selama ini bertanya-tanya apakah ada kehidupan di planet merah tersebut.

Penemuan air di Mars oleh NASA memang hal yang sangat luar biasa. Karena dalam penelitian-penelitian sebelumnya, Mars selalu dianggap sebagai planet yang gersang dan kering.

NASA, mengatakan bahwa terdapat air cair yang mengalir di Planet Mars  yang mendorong terobosan potensi kehidupan lain di luar Bumi. Namun, penelitian yang dilakukan NASA sejauh ini belum membuktikan bukti kehidupan di Mars pada masa lalu atau sekarang.

air di mars
Jalur air di Mars via NASA

“Keberadaan air cair, bahkan jika itu air asin yang sangat asin, memberi kemungkinan bahwa jika ada kehidupan di Mars, kita memiliki cara untuk menggambarkan bagaimana bertahan hidup,” kata John Grunsfeld, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di NASA.

Kesimpulan penelitian keberadaan air cair di Mars didasarkan atas analisis foto resolusi tinggi dari Mars Reconnaissance Rover yang sengaja dirancang untuk meneliti Mars.

Dari foto itu, dapat diketahui bahwa garis-garis gelap musiman di permukaan Mars, merupakan hasil dari kumpulan air asin yang mengalir secara berkala di permukaan planet.

Direktur Ilmu Planet NASA, Jim Green mengatakan, temuan baru menempatkan NASA pada posisi sempurna untuk mencari kehidupan lain. “Kami belum bisa menjawab pertanyaan, apakah ada kehidupan di luar Bumi?” kata Green. “Tapi, setelah ada air sebagai elemen penting, kami sekarang memiliki, dan saya pikir, ada kesempatan besar untuk berada di lokasi yang tepat di Mars untuk menyelidiki itu.”

gambar planet mars via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.