Wow! Biaya Produksi 1 Menit Animasi Sopo Jarwo Ternyata Bisa Bikin 40 Episode Sinetron Biasa

NGONOO.com – Perkembangan film animasi di Indonesia bisa dibilang cukup mengalami perkembangan yang cukup bagus tahun demi tahun. Terbukti mulai banyak karya animasi anak bangsa mulai bermunculan yang kualitasnya ga kalah dibandingkan karya animasi bangsa lain. Karya animasi tersebut bahkan sudah mulai berjaya di negeri sendiri. Salah satunya adalah serial animasi yang saat ini lagi ngehits di layar kaca, apalagi kalo bukan Adit & Sopo Jarwo.

Serial animasi Adit & Sopo Jarwo cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia terutama anak-anak karena selain animasinya yang cukup bagus, cerita dan settingnya pun dibuat ‘Indonesia banget’. Jadi masyarakat mudah menerima cerita dan pesan yang disampaikan di setiap episodenya, karena ceritanya memang cerita sehari-hari yang biasa terjadi di masyarakat Indonesia.

Salah satu proses pembuatan animasi Adit Sopo Jarwo via kompas.com

Meski ceritanya terlihat sederhana, tapi tau ga gaes kalo untuk membuat satu episode cerita serial itu, pihak rumah produksi harus merogoh biaya produksi yang cukup besar. Manoj Punjabi selaku CEO MD Animation, rumah produksi serial Adit & Sopo Jarwo mengatakan, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat animasi tersebut jauh lebih mahal dari pada memproduksi sebuah sinetron.

“Biaya untuk satu menit (pembuatan) Adit & Sopo Jarwo itu bisa membuat 40 episode sinetron,” ungkap Manoj Punjabi dikutip dari Liputan6. Karena itu, MD Animation yang berada di bawah naungan MD Entertainment harus rela memecat sejumlah karyawan untuk menutupi ongkos produksi serial Adit & Sopo Jarwo.

“Memang kami nekat banget untuk bikin serial animasi ini. Bahkan kami, MD Entertainment, sampai harus memecat 200 orang lebih karyawan,” tambah Manoj. Meski menghabiskan biaya yang tak sedikit, MD Animation tetap mempertahankan dan siap untuk kembali memproduksi cerita demi cerita serial animasi tersebut.

“Saya percaya ini adalah konsep masa depan. Konsep saya nanti akan create enterpreneur muda di serial dan film animasi,” harap Manoj Punjabi.

Responses (3)

  1. 40 episode sinetron?? Satu menit animasi sopo jarwo?? 40 episode sinetron dengan bintang film biasa(apalagi artis papan atas)plus pemeran pembantu plus sutradara dan kru, scriptwriter, make up artist, plus kamera dan lighting, editing, dll = satu menit animasi sopo jarwo? Entah biaya bikin 40 episode sinetron murah banget ato biaya animasi 1 menit sopo jarwo lebay, alias lips service buat promosi aja 😀

    1. Setuju gan, kayaknya statement nya bertendensi promo.
      Pernyataannya mungkin benar kalau perbandingannya dengan sinetron kelas teve lokal 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.