Arsip  

12 Fakta Personil Bon Jovi yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

NGONOO.com – Meskipun Konsernya tanggal 11 Besok, kita kasih nggak cuma 11, tapi 12 fakta buat kamu penggemar setia Bon Jovi. Bagi kalian penggemar musik rock pasti sudah nggak sabar nugu penampilan band asal Amerika ini. Menurut sumber terpercaya yang kami telisik, di Amerika Bon Jovi telah berhasil menjual lebih dari 40 juta album dan katanya lagi lebih dari 120 juta keping album sudah tersebar di seluruh dunia. Sangarkan?? Band legendaris ini dibentuk pada tahun 1983. Nah lho, berapa tahun usia band ini sekarang?

Untuk kalian penggemar Bon Jovi pasti sudah punya tiket dong buat nonton konsernya besok di Jakarta. Bagi yang sudah punya tiket dan siap untuk berangkat, jangan lupa persiapkan bekal kalian, buat kalian yang hanya sekedar ikut-ikutan aja, kalian harus tahu fakta-fakta menarik tentang personilnya Bon Jovi.

via Shutterstock
via Shutterstock

Berikut 12 Fakta band dan personil Bon Jovi yang perlu anda ketahui :

1. Usia Band-nya sudah Tua

Kita mulai dari bandnya, Band ini dibentuk sejak tahun 1983, wajar saja jika usianya sudah tua. Nama Bon Jovi nggak pernah lepas dari nama vokalisnya John Francis Bongiovi, Jr. Jon inilah yang mendirikan Bon Jovi bersama-sama dengan seorang pianis dan pemain keyboard David Bryan, serta seorang drummer bernama Tico Torres.

2. Jon Lebih Suka Nongkrong di Club Malam

Nah, salah satu kisah yang terkenang adalah saat Jon menceritakan kebiasaannya menghabiskan waktu di klub malam lokal, Ashbury Park. Tenang, Jon kecil itu kenal dunia malam bukan untuk nyari party, tapi dia nyari hati untuk menguatkan mimpi-mimpinya.

Dia nggak cuma nongkrong ngabisin waktu di klab malam. Di sana, dia mendengarkan musik, atau jika memiliki kesempatan, kadang dia jamming sama musisi yang lagi tampil. Cara cerdas mendekatkan mimpi bukan? Jenius

3. Jon Sudah Memiliki Bekal Musik yang Baik

Selain berani untuk jamming sama musisi, sebenarnya Jon Bon Jovi udah punya bekal musik yang baik. Sejak kecil dia sudah mulai bermain piano dan gitar. Makanya pas tahun 1975 dimana dia masih 13 tahun, dia pun berani membuat band pertamanya yang dinamakan ‘raze’.

4. Band Indie Lokal

Pada tahun 1979, dimana Jon baru berusia 16 tahun dan merasa sudah punya modal yang lebih baik dalam bermusik, dia pun percaya diri untuk mengontak rekannya, keyboardis David Bryan untuk bergabung dan membentuk band baru dengan nama Atlantic City Expressway.

Meski kelasnya cuma band lokal, tapi band indie ini lumayan terbilang sukses sehingga mereka sempat bermain di klub New Jersey, Amerika. Mungkin Ini adalah pencapaian besar, mengingat mereka masih anak di bawah umur. Selama remaja itu, Jon Bon Jovi juga pernah bermain di band John Bongiovi dan Wild Ones, dimana mereka bermain di klub lokal seperti “The Fast Lane” sebagai band lokal, mereka cukup dikenal di daerah tersebut.

5. Jon Pernah Menjadi Tukang Sapu

Perjuangan memang lebih terasa kalau dimulai dari bawah. Dari ketiadaan menjadi ada. Dari zero menjadi hero. Sama seperti perjuangan Jon Bon Jovi saat ia memperjuankan karier bermusiknya. Jon yang menyukai musik ternyata tidak terlahir dari keluarga berada yang gampang membelikan berbagai pengetahuan dan fasilitas untuk bisa meningkatkan kemampuan bermusiknya. Pada zaman itu, belajar musik nggak segampang belajar tutorial di Youtube atau ngeklik kata di goggle. Untuk belajar musik, Jon harus melakukan pendekatan yang berbeda. Dia memilih menjadi tukang sapu di studio rekaman mewah bernama The Power Station.

6. David Bryan Pernah Sekolah Kedokteran

Masih ingat waktu Jon membentuk band Atlantic City Expressway bersama rekannya David Bryan? Yap, David yang lahir pada 7 Februari 1962 ini ternyata punya kesamaan dengan Jon. Keduanya bercita-cita menjadi seorang pemusik.

Dua orang ini mau melakukan apa saja demi mewujudkan impian mereka. Buktinya saat Jon Bon Jovi menghubunginya buat ikut gabung di band waktu itu, David langsung menerima tawaran itu padahal dia harus mengalihkan pendidikannya dari sekolah kedokteran ke sekolah musik. Nah lho, kalau kamu senang dengan suatu hal maka lakukanlah tanpa ada paksaan.

7. Pindah ke Los Angeles

Pada saat Jon dan david membentuk Jon Bongiovi dan The Wild Ones band ini yang jadi cikal bakalnya Bon Jovi.red. Berbekal nama tersebut, kedua calon musisi ini mulai mengirim demo ke sejumlah perusahaan rekaman, bahkan sampai membuat mereka pindah dan berdomisili di Los Angeles. Pindahnya David dan Jon ke LA membuat mereka semakin giat mencari personil pelengkap. Dan, orang yang beruntung menjadi incaran mereka adalah drummer Frankie dan The Knockouts, Tico Torres.

8. Tico Torres Lebih Cenderung Memainkan Musik Jazz

Sebenarnya, drummer kelahiran 7 Oktober 1953 ini lebih condong ke musik jazz. Selain itu si Tico Torres juga udah lebih berpengalaman di dunia musik. Tercacat sebelum dikontak Jon Bon Jovi, Tico sudah menyelesaikan 26 album rekaman bersama musisi-musisi top seperti Alice Cooper, Cher, sampai Chuck Berry. Meski jauh berpengalamn daripada David Bryan dan Jon Bon Jovi, tetapi Tico langsung respek saat bertemu Jon pertama kali.

9. Kedatangan Alec John Such

Bergabungnya Tico Torres, membuat langkah Jon Bon Jovi untuk memantapkan formasi bandnya menjadi semakin cepat. Sebab Tico Torres kemudian mengusulkan nama bassis band Jersey bernama Alec John Such untuk masuk dan menjadi pertimbangan sebagai personil berikutnya.

10. Datangnya Richie Sambora

Bergabungnya Richie Sambora sekaligus meresmikan munculnya nama Bon Jovi. Formasi ini benar-benar pas. Mereka hanya butuh 3 tahun sejak terbentuk untuk mencapai puncak karier tinggi di blantika musik dunia.

11. 17 Album Sudah Berhasil Mereka Rilis

Setelah merilis album Bon Jovi (1984), dan “7800◦Fahrenheit (1985), mereka merilis album masterpiece, “Slippery When Wet “ (1986) yang laku 10 juta kopi di seluruh dunia.

Nama Bon Jovi pun menjadi top act. Album-album berikutnya seperti New Jersey (1988), Keep The Faith (1992) dan kompilasi Cross Road (1994) telah meraup keuntungan besar.

Alhasil sampai What About Now (2013). Akhirnya kerja keras membuahkan hasil, sebanyak 17 album sudah berhasil mereka rilis. Penjualan totalnya pun sudah mencapai 130 juta keping.

12. Lagu Jatuh Cinta yang Macho

Sampai sekarang, lagu-lagu cinta Bon Jovi masih sering didengar di semua kalangan. Jadi soal penikmat musik, usia nggak bakal memengaruhi karya. Lagi pula yang paling berkesan dari lagu-lagu Bon Jovi adalah lagunya soal cowok yang jatuh cinta tapi nggak cengeng, gais!

Anggota Bon Jovi Saat ini ialah Jon Bon Jovi sebagai vokalis dan gitaris. Phil Xenidis sebagai gitaris dan backing vocal. Tico Torres di drummer dan pemain perkusi. Terakhir David Bryan keyboardis dan backing vocal. Sedangkan Mantan Anggota dari Bon Jovi adalah Alec John Such di bassis dan Richie Sambora sebgai gitaris dan backing vocal.

 

Gambar : Jon Bon Jovi via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.