Arsip  

Apa Jadinya Jika Catalonia Merdeka dari Spanyol?

Catalan

NGONOO.com – Baru-baru ini muncul kembali wacana Catalonia akan memerdekakan diri dari Spanyol. Tepat pada tanggal 27 September 2015, masyarakat Catalan akan mengadakan referendum atau jejak pendapat untuk mengambil keputusan apakah akan berpisah atau tidak. Lalu bagaimana nasib Barcelona dan Espanyol jika Catalan merdeka dari Spanyol?

Sebenarnya wacana ini sudah muncul sejak lama sekali, bahkan pada 2014 warga Catalan melakukan referendum tidak resmi dimana 80 persen warganya menginginkan berdaulat. Menurut Presiden La Liga, Javier Tebas, jika dua klub asal Catalan (Barcelona dan Espanyol) mengikuti acara tersebut, maka mereka tidak akan ikut lagi La Liga.

Catalan
Catalan

“Bila Spanyol terpecah, begitu pula dengan La Liga. Oleh karena itu, mari kita semua berharap kita tak akan pernah mencapai semua kondisi tak masuk akal tersebut,” kata Javier Tebas.

“FC Barcelona tak akan diperbolehkan lagi untuk melanjutkan persaingannya di La Liga. Ini masuk akal untuk berpikir bila Catalan berhasil mendapatkan kemerdekaan, klub pun dapat meminta untuk didaftarkan oleh Federasi Sepakbola Spanyol.” tambah Miguel Cardenal, Mentri Olahraga Spanyol.

Orang nomor satu di Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengatakan bahwa “Kami selalu fokus pada olahraga, tidak kampanye politik. Untuk saat ini, klub tetap akan netral,” katanya.

Senada dengan Presiden Barca, legenda Barcelona juga memberikan komentarnya tentang Catalan dan klub. “Saya memahami mereka yang menganggap klub tidak boleh mengidentifikasikan dirinya pada satu level politik karena ini adalah klub universal,”

 

Bagaimana Nasib El Clasico?

Sepanjang La Liga bergulir, pertandingan Barcelona melawan klub dari Ibukota, Real Madrid selalu menjadi pertarungan yang paling ditunggu. Bukan hanya soal kekuatan kedua klub atau prestasi yang sudah diraih, melainkan ada gengsi antara dua wilayah yakni Catalan dan Castile.

Tidak tahu akan menjadi seperti apa jika Barcelona benar-benar di depak dari La Liga. Rivalitas kedua tim penguasa mungkin akan hilang.

Kita tunggu saja hingga tanggal 27 September mendatang.

 

 

Gambar: Warga Catalan via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.