Yahoo Diam-diam Jalin Kerjasama dengan Google

NGONOO.com – Yahoo dikabarkan diam-diam telah menjalin kerja sama dengan Google pada sektor mesin pencari dan iklan. Kerjasama antar keduanya efektif terjalin mulai 1 Oktober 2015 hingga akhir 2018 nanti. Informasi tentang kerja sama Yahoo dan Google ini diketahui dari laporan keuangan rutin Yahoo yang dirilis pada Selasa (20/10) lalu.

Dalam kerja sama itu nantinya Google akan memberikan Yahoo layanan berupa pencarian iklan, pencarian algoritmik, dan pencarian gambar untuk perangkat desktop dan mobile. Google akan membayar Yahoo untuk tiap pendapatan kotor dari penelusuran iklan Google Adsense yang muncul di layanan milik Yahoo.

shutterstock_139538621
Laman Yahoo! via AHMAD FAIZAL YAHYA / Shutterstock.com

Untuk persentase dari pembagian hasilnya sendiri nantinya akan tergantung di mana iklan itu muncul di layanan milik Yahoo. Apakah di layanan Yahoo untuk desktop di Amerika Serikat, di layanan Yahoo desktop di luar Amerika Serikat, atau di versi ponsel atau tablet. Di sisi lain, Yahoo akan membayar Google untuk biaya permintaan tiap hasil pencarian gambar atau algoritma pencarian web yang disediakan.

Langkah ini diambil Yahoo untuk meningkatkan pendapatannya dari lini bisnis mesin pencari internet. Karena sampai saat ini Yahoo memang belum memiliki teknologi untuk mengelola permintaan dan menyediakan iklan yang lebih memadai dibanding Google.

Dan dengan bermitra dengan Google tentu saja Yahoo bisa meningkatkan pendapatannya karena jaringan pencarian desktop Yahoo hanya berada di angka 12,7 persen marketshare di AS  pada Agustus, sementara Google menguasai hampir 64 persennya. 

Sebelumnya, Yahoo juga pernah melakukan kerja sama serupa dengan Microsoft pada 2010. Namun, kedua perusahaan tersebut memutuskan menghentikan kerja sama pada April 2015 lalu.

gambar Yahoo! via Ken Wolter / Shutterstock.com

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.