Arsip  

Yuk Intip Biaya yang Dibutuhkan Untuk Merawat Bugatti Veyron

NGONOO.com – Hae sobat NGONOO, buat kalian yang suka sama dunia otomotif, khususnya mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan hypercar yang satu ini, yakni Bugatti Veyron. Kenapa mobil ini disebut dengan hypercar? Itu karena Veyron merupakan mobil dengan tenaga yang sangat luar biasa. Untuk tipe Veyron Super Sport yang merupakan tipe paling tinggi tenaganya bahkan mencapai 1200 PS. Gak kebayang kan betapa dahsyatnya mobil yang satu ini.

Bugatti Veyron merupakan hypercar dengan kapasitas mesin 8 L 16-silinder dan mempunyai 4 buah turbo, jumlah radiatornya bahkan mencapai 10 buah. Mobil ini sanggup melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik aja gais, sementara untuk topspeed-nya sendiri bisa mencapai 431 km/jam. Edan!

Bugatti Veyron Super Sport
Bugatti Veyron Super Sport

Lantas, berapa harga untuk menebus satu unit Veyron? Di Amerika, Bugatti Veyron Super Sport bisa dimiliki dengan membayarkan uang sebesar $3,2 juta atau sekitar 43 miliar rupiah lebih. Harga yang fantastis untuk sebuah mobil. Namun mengingat Veyron merupakan sebuah hypercar maka tidak heran bila harganya bisa se-fantastis itu.

Nah, itu baru harga untuk membeli satu unit Veyron aja gais. Terus, kalau biaya untuk merawat Bugatti Veyron kira-kira membutuhkan uang berapa banyak ya?

Berdasarkan penjelasan dari Salomon Drin yang telah meminjam Bugatti Veyron Super Sport milik temannya, ia menjelaskan jika pajak mobil tersebut di Amerika mencapai $320.000 atau ya sekitar 4 miliaran rupiah. Kalau mau mengganti ban satu set harus menyiapkan uang sebesar $30.000 atau setara dengan 405 jutaan rupiah. Tidak hanya itu, Bugatti mewajibkan pemilik harus mengganti velg setelah 3 kali mengganti ban. Dengan kata lain, saat mengganti ban yang ke-4 kalinya pemilik juga harus mengganti velg yang dijual seharga $120.000 atau ya sekitar 1,6 miliar rupiah.

Tapi kenapa harus mengganti velg segala ya? Itu karena ban dan velg mobil ini dilem dan hanya teknisi Bugatti saja yang bisa melepas dan memasang ban serta velg mobil ini. Kalau ban dan velg tidak dilem maka tenaga Veyron yang sangat buas bisa membuat velg berputar dengan sangat cepat namun bannya bisa telat berputar sehingga ban bisa lepas. Bahaya banget kan kalau seandainya saja itu terjadi?

Bugatti Veyron Super Sport
Bugatti Veyron Super Sport

Selain itu, Bugatti juga mewajibkan pemilik Veyron untuk menyervis mobilnya setiap tahun, dan biayanya mencapai $30.000 atau sekitar 405 jutaan. Yang lebih gila lagi, kalau mau mengganti oli mobil ini para pemilik harus merogoh kocek sebesar $20.000 atau setara 270 jutaan rupiah. Belum lagi buat mengisi bensin mobil ini yang tentu saja sangat boros banget.

Gambar : Bugatti Veyron Max Earey / Shutterstock.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.