Singapura dan California Siap Hadirkan Bus Listrik Otonom

  • Share

NGONOO.com – Perkembangan dunia teknologi memang semakin gila aja nih gais, tidak terkecuali perkembangan di dalam dunia teknologi roda empat. Seperti yang sudah diketahui, saat ini berbagai produsen otomotif sudah mulai mengembangkan mobil otonom alias mobil yang bisa jalan sendiri. Tapi nyatanya hal itu tidak hanya dilakukan oleh para produen otomotif aja, tetapi juga oleh perusahaan teknologi sekelas Google misalnya.

Nah, meskipun mobil otonom milik Google dan milik perusahaan otomotif lainnya masih dalam tahap uji coba, tapi ada satu perusahaan asal Prancis yang malah sudah siap menghadirkan mobil otonom, atau lebih tepatnya bus otonom.

Perusahaan yang dimaksud adalah EasyMile. Perusahaan ini memproduksi bus listrik yang diberi nama EZ10, dan bus ini siap meluncur di Singapura dan California pada bulan Desember mendatang. Di Singapura bus EZ10 akan beroperasi di car park Garden by the Bay, sementara di California akan beroperasi di business park Bishop Ranch di San Ramon.

Bus Listrik EZ10
Bus Listrik EZ10

Bus listrik EZ10 menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber tenaganya. Pengisian baterai sebanyak 8 kali mampu membuat bus melaju hingga 12 jam, sedangkan jika diisi ulang hanya satu kali sudah bisa membuat bus berjalan sejauh 50 mil. Berhubung EZ10 merupakan bus otonom, maka kecepatan bus ini harus dibatasi pada angka 25 mil per jam.

Bus Listrik EZ10
Bus Listrik EZ10

Bus EZ10 sendiri mempunyai kapasitas 12 orang dan sudah dilengkapi dengan GPS serta teknologi untuk mendeteksi adanya bahaya dan rintangan pada saat bus melaju di jalan.

Gambar : Bus Listrik via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.