Arsip  

Diam-diam Steve Job dan Woody Toy Story Ternyata Memiliki Kesamaan

NGONOO.com – Selama ini mungkin mendiang Steve Jobs hanya dikenal luas sebagai pendiri perusahaan teknologi informatika yang mendunia, Apple. Tetapi, disisi lain ia juga adalah co-founder Pixar, studio animasi terbesar yang melahirkan film-film animasi yang laris manis di pasaran. Salah satunya apalagi kalo bukan Toy Story.

Ternyata, Jobs dan Toy Story sediri punya keterkaitan yang jarang diketahui orang. Itulah yang diungkapkan Aaron Sorkin, penulis skenario film Steve Jobs yang akan segera rilis. Menurut Sorkin, Jobs dan salah satu tokoh utama Toy Story, Woody punya watak yang sama: keduanya sama-sama kejam.

Saat menghadiri acara di Sirius XM Town Hall, Sorkin sempat ditanyai perihal adakah sosok dalam film-film lain yang serupa dengan karakter Jobs versi skenarionya. Secara mengejutkan, Sorkin pun menyebutkan nama Woody dari film Toy Story. “Ketika Pixar menciptakan video percobaan Toy Story sepanjang 20 menit, mereka membuat karakter Woody yang berbeda dari hasil akhir filmnya. Dia sosok yang kejam. Woody sangat jahat. Dia mendorong Buzz Lightyear keluar dari jendela dengan tujuan tertentu,” tutur Sorkin, dilansir dari Entertainment Weekly.

toy-story
Woody dan Steve Jobs via entertaiment weekly

Jika dilihat di film aslinya, jatuhnya Buzz ke keluar jendela bukan karena didorong, malainkan karena kecelakaan, dirinya terdorong oleh bola globe yang mengelinding ke arahnya. “Dalam video percobaan itu, [Woody] yang melakukannya dan dia menjadi jahat kepada semua orang. Dialah yang melakukannya dengan berbagai cara, mengingatkan kembali pada seperti apa Steve,” lanjut Sorkin.

Penulis skenario Terbaik Academy Awards 2011 itu pun ingin menunjukkan watak itu dalam film Steve Jobs, sekalipun itu berbenturan dengan citra Jobs yang selama ini dielu-elukan banyak orang. “Dan Steve-lah yang mengatakan,’Apakah kalian gila? Woody harus disukai semua orang.’ Saya ingin bisa menunjukkan beberapa bagian dari footage itu, tapi kita tidak bisa begitu saja menyangkutkan hal ini di dalamnya hanya karena kamu menyukainya,” tambahnya.

Watak Jobs yang satu ini pun masih diperdebatkan dari berbagai kalangan, termasuk janda Jobs, Laurene Powell Jobs. Bahkan film Steve Jobs besutan Danny Boyle itu sempat diprotes olehnya. Menurutnya, materi cerita biografi karangan Walter Isaacson yang dijadikan pondasi pembuatan skenario film Steve Jobs itu tidak berdasarkan data akurat.

Namun Steve Wozniak, yang mendirikan Apple bersama Jobs sekaligus menjadi konsultan film ini mengatakan kepada Blooombeg, “Mungkin segala yang ditampilkan di film ini tak terjadi, tetapi mereka berdasarkan sesuatu yang telah terjadi.”

Film Steve Jobs sendiri mulai dirilis di AS pada 23 Oktober lalu. Film tersebut dibintangi oleh pemain-pemain ternama, seperti Michael Fassbender, Seth Rogen, dan Kate Winslet.

gambar Steve Jobs via GongTo / Shutterstock.com

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.