Berkenalan Lebih Dekat Dengan Pelatih Baru Liverpool, Jurgen Klopp!

  • Share

NGONOO.com – Liverpool baru saja mendapatkan pelatih baru sepeninggalan Brendan Rodgers yang dipecat akhir pekan lalu. Ia adalah Jurgen Klopp, pelatih sepakbola asal Jerman. The Reds rela menggelontorkan uang sebesar 6 juta pounds untuk mendatangkan Klopp dan bonus 7 juta pounds tambahan jika berhasil masuk zona Liga Champions.

Nah, bagi kamu-kamu yang merasa Liverpudlian garis keras, sudah seharusnya mengetahui lata belakang manajer baru tim kebanggan kalian. Mari kita kenalan lebih dalam dengan manajer baru Liverpool, Jurgen Klopp.

 

Jurgen Klopp adalah pemain dan pelatih sepakbola asal Jerman

Bernama asli Jurgen Norbert Klopp ia lahir di Stuttgart, 16 Juni 1967 (48 tahun) sebelum bergelut menjadi pelatih, Klopp adalah seorang pemain sepakbola yang memulai karir seniornya bersama Mainz 05 pada tahun 1989 hingga 2001. Posisi awalnya adalah sebagai striker, tetapi beralih menjadi bek sejak 1995 dan telah mencetak 52 gol untuk tim tersebut. Ia pensiun pada usia 34 tahun.

Awal karir kepelatihan

Klopp sebagai pelatih mainz 05
Klopp sebagai pelatih mainz 05

Setelah memutuskan pensiun pada tahun 2001, Klopp dipilih sebagai pelatih Mainz 05 ditahun itu juga. Selama 7 tahun kepelatihannya, pada tahun 2004, Klopp sukses membawa Mainz untuk pertama kalinya bermain di Bundesliga Divisi Utama Jerman. Namun di musim 2006-07 Mainz kembali terdegradasi dan musim selanjutnya Klopp memilih berhenti.

Klopp dikenal sebagai pelatih dengan tingkat selebrasi gol paling riang dan dia pernah mengalami robek otot karena terlalu bersemangat ketika timnya mencetak gol.

Menjadi pelatih tersukses Borussia Dortmund

Klopp jadi pelatih Borussia Dortmund tahun 2008 via Liverpool
Klopp jadi pelatih Borussia Dortmund tahun 2008 via Liverpool

Pada tahun 2008, Klopp masuk menggantikan Thomas Doll untuk menjadi pelatih anyar Borussia Dortmund. Dimusim perdananya, Klopp langsung mempersembahkan gelar DFB-Supercup dan finis diposisi 6 klasemen akhir.

Musim 2011-12 Klopp bersama Dortmund memecahkan rekor dengan meraih poin terbanyak di klasemen akhir. Poin 81 yang dicapainya pada klasemen akhir merupakan yang tertinggi dalam sejarah Bundesliga. Meskipun kemudian dipecahkan oleh Bayern Munich dengan 91 poin pada musim berikutnya di bawah Jupp Heynckes.

Klopp meninggalkan Borussia Dortmund sebagai pelatih paling sukses bersama Ottmar Hitzfeld dalam sejarah klub, setelah mempersembahkan lima trofi. Ia meraih dua gelar Bundesliga, Piala Jerman dan dua Piala Super selama tinggal.

Jurgen Klopp
Jurgen Klopp

Kini Jurgen Klopp akan membawa gaya permainan terbaiknya dalam sepak bola ke Anfield dan semoga saja Liverpool bisa merasakan kembali manisnya mengangkat gelar Juara Liga Premier Inggris yang telah lama mereka dambakan. Semoga, You’ll Never Walk Alone!

 

Gambar: Jurgen Klopp via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.