6 Pelajaran Penting Setelah Putus Cinta, Udah Ambil Hikmahnya Aja

  • Share

NGONOO.com – Terkadang menjalin hubungan itu ada seneng dan susahnya, wajar saja karena ini proses menyatukan dua insan manusia, mestilah butuh waktu. Menjalin hubungan dengan orang yang kita cintai pasti rasanya lebih enak dan menyenangkan. Namun apa boleh dikata jika hubungan tersebut harus berakhir dengan perpisahan, pastilah tidak enak, sejatinya tidak ada manusia yang menginginkan perpisahan. Setiap orang berbeda-beda, ada yang putus cinta dia senang ada juga yang tidak senang, memang semuanya butuh waktu. Waktu untuk melupakan kenangan indah yang pernah terukir bersama.

Buat kalian yang sekarang sudah memutuskan untuk berpisah, ada 6 pelajaran penting yang bisa diambil dari sebuah cinta yang tak selamanya berakhir indah.

1. Kalian Bisa Belajar Arti Sebuah Kehilangan

via alwayslonliness.blogspot.com
via alwayslonliness.blogspot.com

Mungkin hampir setiap orang pernah mersakan kehilangan. Rasa sakit dan penderitaan setelah kehilangan pasangan merupakan sebuah hal yang wajar, namun jika anda mampu melewatinya, ini akan menjadikan anda lebih kuat lagi dari sebelumnya.

2. Belajar Tentang Apa yang Sebenarnya Kita Inginkan

via picturespider.com
via picturespider.com

Manusia memang banyak sekali keinginanya, ingin inilah, ingin itulah dan ingin-ingin yang lainya. Saat hubungan anda masih baik-baik saja, semua akan terpusat pada orang yang Anda cintai. Setelah berpisah, ini hanya tentang Anda dan diri Anda. Ingat lagi apa yang baik dan buruk dari hubungan Anda, lalu temukan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Putus cinta akan jadi pengalaman yang baik dalam menjalin hubungan yang berikutnya. Mungkin nantinya Anda akan bersyukur karena perpisahan ini telah terjadi.

3. Belajar Untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

via dtjakarta.or.id
via dtjakarta.or.id

Setelah berpisah dari pasangan, ini waktu yang tepat untuk Anda berdamai dengan diri sendiri. Maafkanlah kesalahan Anda di masa yang telah berlalu, lalu hindari mengulangi kesalahan yang sama ke depannya. Jika perpisahan terasa begitu berat, keluarkan emosi Anda, bisa menangis, teriak, atau apapun yang Anda sukai untuk mengeluarkan seluruh kesedihan dalam diri Anda. Setelah itu, tenangkan diri Anda untuk menerima yang telah terjadi. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, atau meditasi untuk membuat Anda lebih rileks.

4. Belajar Kemandirian

via hipwee.com
via hipwee.com

Perpisahan akan terasa sulit bila Anda tak terbiasa sendiri. Sekarang saatnya bagi Anda untuk membiasakan diri untuk melakukan segala hal seorang diri. Terkadang menjadi lajang merupakan pilihan yang tepat daripada bersama dengan orang yang tidak menghargai Anda. Menjadi lajang adalah momen yang tepat bagi Anda untuk lebih rileks, bertemu banyak orang baru, belajar sesuatu yang baru, juga memberi kesempatan dan tantangan untuk membuat hidup lebih berwarna.

5. Belajar Menerima Keadaan

via hipwee.com
via hipwee.com

Perpisahan ini akan membuka lembaran baru dalam kehidupan Anda. Mungkin awalnya terasa sulit, namun percayalah bahwa masa depan Anda akan begitu cerah. Bangun diri Anda kembali dan jadilah pribadi yang lebih baik.

6. Belajar Sabar dan Ikhlas

Belajar Sabar dan Ikhlas
via meditateinkansas.org

Tidak semua orang mampu melakukan hal yang dua ini, belajar sabar dan ikhlas atas semua kejadian yang tidak kita duga sebelumnya. Belajar menerima apa yang sudah digariskan kepada kita, percayalah semua ada waktunya bagi kita menemukan apa sebenarnya yang kita cari di dunia ini. Bersabar dan Ikhlaskanlah.

 

Gambar: Duduk berduaan via Shutterstock

Insipirasi Tulisan oleh Afrillia Dian

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.