Jam Tangan Bekas Astronot ke Bulan Ini Dilelang Rp 14 Miliar, Berminat?

NGONOO.com – Bro n sest yang udah nonton film The Martian pastinya jadi penasaran dan pengen ngerasain rasanya jadi astronot yang bertugas di luar angkasa kan? Tapi emang agak susah sih gaaes untuk mewujudkan keinginan tersebut. Secara, jadi astronot yang bisa bertugas di luar angkasa itu ga mudah dan ga sembarang orang juga lho, karena memerlukan keahlian, serta waktu pendidikan dan pelatihan yang panjang. 

Tapi kalo bro n sest tetep pengen ngerasain gimana rasanya pake atribut astronot tanpa harus bersusah payah bisa kok. Bro n sest bisa memiliki jam tangan yang pernah dipakai oleh astronot NASA saat pergi ke luar angkasa. Karena, jam tangan milik seorang astronot komandan Apollo 15, David Scott, dikabarkan akan segera dilelang.

jam astronot
Bulova Chronograph

Scott sendiri merupakan orang ke-7 yang menginjakkan kakinya di Bulan pada tahun 1971 lalu. Jam tangannya tersebut akan dilelang di RR Auction Space dan Aviation Auction pdaa 11-22 Oktober 2015 mendatang. Bahkan, jam tangan ini ditawarkan dari harga sekitar US$ 50 ribu atau sekitar Rp 710 jutaan sampai US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar!

Walaupun kondisi jam tersebut udah ga lagi mulus, jam tangan legendaris itu dijelaskan sangat membantu Scott dalam memperkirakan waktu yang berlangsung selama ia berada di Bulan gaes. Scott kembali ke Bumi mengenakan jam tangannya dengan total penggunaan selama 4 jam, 49 menit dan 50 detik.

Diungkap, pada saat itu para astronot memang harus memiliki ketepatan waktu dan perhitungan perjalanan dari situs pendaratan secara akurat. Scott merupakan salah satu astronot yang mendarat di Bulan dengan menggunakan jam tangan Bulova Chronograph seri 88510 yang tersimpan secara ketat di Lunar Module.

david scott
komandan Apolo 15, David Scott

Pada awalnya, dia menggunakan jam tangan Omega Speedmaster, dan Bulova Chronograph hanyalah jam tangan cadangannya. Ketika dia berada di dalam Lunar Module, barulah ia menyadari bahwa kristal Hesalite pada Omega Speedmaster-nya telah hilang, mau tak mau ia menggunakan jam tangan cadangannya tersebut.

“Fungsi utama dari Chronograph di permukaan Bulan adalah untuk melacak waktu yang berlalu dari penggunaan yang digunakan (oksigen, air, dan baterai) di ransel Portable Life Support System (PLSS),” tulis Scott dalam sebuah deskripsi yang menunjukkan kegunaan jam tangan tersebut.

Gimana, bro n sest tertarik buat beli jam tangan astronot tersebut?

gambar astronot di bulan via Shutterstock

 

Noviana Ayu

Noviana Ayu

Total posts created: 1159
S.Pd yang kurang Pd, mburuh di @dodolantas , suka mimik teh, seneng liat pemandangan, hobi mbaca brosur~

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *