12 Aplikasi Apple yang Hanya Bisa Diakses Oleh Karyawannya Sendiri

  • Share

NGONOO.com – Siapa yang tidak mengenal Apple Inc. Hampir semua orang mengenalnya. Mengulas sedikit tentang perusahaan multinasional ini. Apple Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone. Begitulah singkat cerita Apple Inc. (wikipedia)

Di samping itu, perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook dinilai pintar dalam menjaga kerahasiaan proyek-proyeknya. Semua proyek pengembangan produk (baik itu perangkat dan aplikasi) besutan perusahaan Cupertino ini disimpan secara ketat di sebuah fasilitas lab top-secret milik Jon Ive, Chief Design Officer (CDO) Apple, yang mana tidak bisa diakses oleh publik.

Namun, sepandai-pandainya tupai melompat pada akhirnya jatuh juga. Seperti itulah yang Apple rasakan pada saat mereka dikabarkan ingin merilis iPhone 4 pada beberapa tahun lalu. Di saat Apple sudah apik menyimpan rahasia desain iPhone 4, desain tersebut justru telah bocor duluan di dunia maya.

Selain itu, terdapat pula beberapa aplikasi yang rupanya tidak muncul secara publik di Apps Store (toko aplikasi iOS) dan sempat bocor di internet karena ulah para hacker. Berdasarkan informasi yang dilansir Business Insider, aplikasi tersebut rupanya hanya bisa diakses khusus oleh karyawan Apple saja.

Aplikasi-aplikasi ini berfungsi untuk mempermudah mereka melakukan komunikasi, menguji perangkat terbaru dan juga melakukan proses dealing dengan konsumen. Setidaknya terdapat sekitar 12 aplikasi yang sempat dibeberkan. Berikut 12 Aplikasi itu:

1. AppleConnect

AppleConnect

AppleConnect merupakan aplikasi layanan sekuritas yang berfungsi untuk memudahkan karyawan Apple sign in ke aplikasi dan layanan Apple lainnya. Menariknya, aplikasi Apple yang bersifat internal ini memiliki sistem password encryption dengan mode swipe yang mirip dengan Android.

2. Daily Download

Daily Download

Aplikasi ini sempat bocor dan dibahas di situs 9to5Mac pada 2011. Daily Download sebetulnya merupakan aplikasi newspaper internal untuk para karyawan agar mereka tetap update terkait kabar dan informasi terbaru apa yang ada di Apple.

3. GKTank

GKTank

Ya, aplikasi ini bisa dibilang sejenis `game` internal yang berfungsi untuk mendemonstrasikan kapabilitas tool developer GameKit. Lewat aplikasi ini, developer aplikasi yang ingin mengembangkan game di iOS bisa mengetahui seperti apa seluk beluk serta persyaratan game yang setidaknya bisa dipenuhi agar dapat dimainkan di perangkat iOS.

4. Inferno

Inferno

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda ingin mengetahui spesifikasi mendalam terkait hardware dan software iPhone? Jika Anda seorang karyawan Apple, Anda bisa mengunduh aplikasi ini. Inferno akan melakukan checking yang mana mengetahui status hardware dan software iPhone Anda secara mendetil.

5. MobileGenius

MobileGenius

Aplikasi ini merupakan aplikais yang bisa digunakan oleh para ahli yang bekerja di Apple Store dan bertugas untuk memperbaiki iPhone milik konsumen. Lewat MobileGenius, mereka bisa mengecek informasi customer dan log test yang ditunjukkan lewat perangkat yang rusak tersebut.

6. MobileRadar

MobileRadar

 

Ketika karyawan Apple menemukan bug di perangkat iOS, mereka biasanya menggunakan apkikasi ini. Ya, MobileRadar bisa dibilang merupakan aplikasi tracking system yang dipakai Apple untuk mendeteksi adanya internal bug. Uniknya, aplikasi ini memiliki ikon `Anteater` (pemakan serangga) yang mana nyatanya memang memakan `bug`.

7. Operator

Operator

Operator merupakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk menguji ragam komponen dan sensor yang disematkan di perangkat iPhone, iPad dan iPod. Seperti proximity, buttons, speaker, microiphone, camera, touch dan masih banyak lagi.

8. Receipts

Receipts

Jika karyawan Apple sedang makan siang bersama partner bisnisnya, mereka biasanya memotret receipt (struk pembayaran) lewat iPhone mereka dan mengirimnya ke aplikasi ini. Nantinya, foto receipt tersebut secara otomatis akan dikalkulasikan ke dalam penghitungan pembiayaan karyawaan.

9. Red Zone Mobile

Red Zone Mobile (atau lebih sering disebut RZM) merupakan aplikasi yang digunakan manager Apple Store untuk membandingkan performa mereka dengan store yang berada di lokasi lain. Tidak ada bocoran seperti apa terkait screenshot aplikasi ini, karena, aplikasi ini memang memperlihatkan informasi internal sales yang hadir di masing-masing cabang toko.

10. Switchboard

Switchboard

Switchboard merupakan `Apps Store` yang digunakan oleh para karyawan Apple untuk mengunduh aplikasi pekerjaan (seperti Radar, MobileGenius, dan yang sudah disebutkan diatas) dan meng-updatenya.

11. TouchFighter 2

TouchFighter 2

TouchFighter merupakan game experimental yang dikembangkan oleh karyawan Apple untuk menguji accelerometer perangkat iPhone. Lewat game ini, pemain harus mengontrol pesawat dengan menggoyangkan iPhone-nya untuk menghindari benda alam luar angkasa.

12. UniBox

UniBox

UniBox merupakan aplikasi yang mana dapat mengirimkan notifikasi langsung dari perusahaan Apple ke iPhone karyawan dan juga berfungsi sebagai corporate voicemail client.

Kalau kalian ada yang penasaran, silahkan di coba 😀

 

Gambar: Apple Employs via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.