IQ Kecerdasan Artificial Intelligence yang Ada Saat Ini Setara Dengan IQ Anak 4 Tahun

  • Share

NGONOO.com РKecerdasan buatan atau yang sering disebut artificial intelligence (AI), saat ini ga cuma bisa ditemui pada film-film fiksi ilmiah aja gaes. Karena dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin mendorong pula perkembangan pada teknologi kecerdasan buatan yang telah dikembangkan oleh peneliti saat ini.

Sekelompok peneliti baru saja mengumumkan hasil tes IQ terhadap sebuah sistem artificial intelligence yang diberi nama ConceptNet. ConceptNet sendiri merupakan sebuah proyek komputasi open-source yang dijalankan oleh sebuah divisi penelitian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

shutterstock_302160902
Ilustrasi artificial intelligence via Shutterstock

Sistem ConceptNet ini dites menggunakan tes IQ yang sama dengan yang diberikan untuk manusia. Dan hasilnya ConceptNet memiliki kecerdasan setara anak umur 4 tahun.

“Kami (peneliti) menemukan bahwa tes psychometric WPPSI-III VIQ yang diberikan untuk ConceptNet ternyata menghasilkan nilai yang sama dengan nilai yang rata-rata diperoleh oleh anak berumur 4 tahun,” ungkap anggota peneliti dari University of Illinois, Chicago.

Hal ini didapatkan setelah peneliti membandingkan hasil tes ConceptNet dengan nilai anak-anak dengan umur lebih tua. Hasilnya nilai ConceptNet tidak lebih baik dibandingkan dengan nilai dari anak berumur 7 tahun.

Sebelumnya, beberapa peneliti juga telah berhasil menemukan penjelasan bahwa teknologi kecerdasarn buatan, seperti yang ada di Siri dapat meningkatkan kemampuan bahasanya secara alami di masa depan. Meskipun diperkirakan untuk mencapai hal tersebut masih menunggu penelitian tentang artificial intelligence lebih lanjut paling tidak 60 tahun ke depan.

Namun, kemampuan belajar dari teknologi artificial intelligence inilah yang bagi sebagian orang merupakan hal yang cukup mengkhawatirkan dan berbahaya. Menurut Elon Musk dan fisikawan Stephen Hawking, kemampuan artificial intelligence yang semakin pintar malah bisa mengancam keberlangsungan manusia. Karena diperkirakan nantinya teknologi tersebut dapat memiliki kemampuan yang melebihi manusia.

gambar mbak-mbak main catur sama robot via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.