Ini Dia Film Bioskop Indonesia Pertama Yang Dibuat Dengan Kamera Smartphone

  • Share

NGONOO.com – Demi mendapatkan gambar dengan kualitas bagus, pembuatan film-film yang ditayangkan di bioskop biasanya akan menggunakan kamera profesional. Tapi berbeda dengan film Indonesia yang satu ini gaes. Proses produksi film yang berjudul Cai Lan Gong ini justru menggunakan kamera smartphone gaes.

Ga heran, kalo film Cai Lan Gong pun mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai film bioskop Indonesia pertama yang dibuat memakai smartphone dengan resolusi 4K. Proses shooting film besutan rumah produksi Rexinema ini melibatkan smartphone Galaxy Note 4 dan Galaxy Note 5 dari Samsung.

cailangong780x390

“Sejak awal naskah selesai, kami memiliki ide untuk membuat film ini dengan menggunakan smartphone,” ujar Derryl Imanalie, salah satu produser Cai Lan Gong, dikutip dari Nextren.

Sebelumnya memang pernah ada film pertama yang diproduksi dengan smartphone. Film tersebut berjudul Olive, yang dibuat pada tahun 2012. Namun, saat itu resolusi rekaman gambar masih terbatas di standar HD (1280×720). Sedangkan Cai Lan Gong direkam dengan resolusi yang jauh lebih tinggi, yakni standar 4K (3849×216) sehingga menjanjikan gambar lebih tajam.

Jpeg
produksi film Cai Lan Gong

Cai Lan Gong sendiri menceritakan kisah horor bertema legenda China yang menjadi asal-muasal Jelangkung di Indonesia. Deretan pemain yang akan berperan di film ini antara lain, Anthony Xie, Ronny P. Tjandra, Ineke Valentina, Putri Ariani, dan Vien Febrina.

Film yang disutradarai oleh David Poernomo ini dijadwalkan akan tayang perdana pada tanggal 22 Oktober, di 25 bioskop 21 di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Palembang, Pontianak, Makasar, dan Manado.

gambar kamera smartphone via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.