8 Tanda Kalau Gaya Pacaranmu Itu Sehat

  • Share

NGONOO.com – Pacaran sekarang ini bukan merupakan hal yang tabu lagi, remaja di deretan jajaran bahkan hingga pelosok negeri ini sudah kenal pacaran, entah darimana asal mula kata “pacaran” ini. Kita tahu bahwa Pacaran sudah menjadi hal yang biasa di sekitar kita. Unala adalah situs kesehatan remaja yang membahas bagaimana menjalin hubungan yang sehat. Pacaran memang berjuta rasanya, Ada rasa berbunga-bunga, sayang, kangen, cemburu, kesal, benci tapi cinta, dan lain sebagainya. Berbagai rasa ini sudah jadi bagian normal dari pacaran. Tapi bagaimana kalau pacaran lebih banyak membuat kita merasa sakit, tertekan, terkekang, atau tidak percaya diri? Wah, itu tandanya gaya pacaran kita sudah tidak sehat lagi!

Pacaran seharusnya memberikan kita ruang untuk mengembangkan identitas diri, kepercayaan, dan penghargaan terhadap diri sendiri. Jadi, kalau sudah merasakan tanda-tanda yang tidak sehat dari hubunganmu, maka bersabarlah, jika sudah lelah maka stop and think! Setiap orang berhak untuk menjalani hubungan yang sehat, termasuk kamu.

Berikut 8 Tanda Kalau Gaya Pacaranmu Itu Sehat:

1. Kamu Udah Gajian dan Nggak Pernah Kekurangan Uang Buat Si Dia

Punya Uang

Dalam hubungan yang sehat uang memanglah bukan segalanya, tapi segalanya memang butuh uang. Bahagia itu sederhana, pahamilah pasanganmu maka pasanganmu akan kembali memahamimu. Begitulah caranya kalau kamu pas nggak punya uang.

2. Suka Melakukan Kegiatan Bersama

Melakukan Kegiatan Bersama

Sering melakukan kegiatan bersama-sama bisa mempererat perasaan saling peduli dan menghargai, kurangi kesibukanmu diluar dan nikmatilah harimu bersamanya.

3. Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat ada hubunganya dengan pacaran sehat. Orang butuh sehat jika ingin membahagiakan pasangan.

4. Saling Menghormati dan Menghargai

Menghormati dan Menghargai

Saling menghormati dengan menghargai dan memahami kepribadian masing-masing, serta tidak melanggar batasan pribadi masing-masing.

5. Saling Jujur

Bicara Jujur

Saling jujur dan mampu mengomunikasikan pikiran dan perasaan masing-masing yakni dengan saling pengertian.

6. Saling Percaya Satu sama Lain

Saling Percaya

Saling memberi kepercayaan, meskipun kadang ada rasa cemburu. Cemburu itu alami terjadi, tapi kalau kita meresponnya dengan baik, misalnya membicarakannya dengan pasangan dengan tenang, tanpa tuduhan dan kecurigaan, kepercayaan terhadap satu sama lain bisa terbangun.

7. Saling Melengkapi

Saling Melengkapi

Saling Melengkapi, Saling memberi dan menerima, misalnya dengan mengenalkan teman-teman masing-masing, meluangkan waktu bersama sambil bergantian melakukan kegiatan favorit masing-masing, dan saling mendukung dalam berbagai situasi, baik ataupun buruk.

8. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri Sendiri

Tetap jadi diri sendiri, Saat menjalin sebuah hubungan semua orang perlu berkompromi, tapi bukan berarti kita harus menjadi orang lain demi sang kekasih. Setiap orang punya kehidupan masing-masing (keluarga, teman, hobi, kesukaan, dan lain-lain) dan hal itu tidak perlu berubah saat kita punya gandengan.

Tanda Bahaya Saat Pacaran Sudah Tidak Sehat

Pacaran dianggap tidak sehat saat mulai melibatkan sikap yang tidak menyenangkan, tidak menghormati, atau menyakiti, baik secara fisik maupun emosi. Kalau pacar menggunakan bahasa yang kasar dan merendahkan, terlalu cemburu, mengontrol, memukul, menampar, maka saatnya untuk keluar dari hubungan tersebut. Tidak seorang pun pantas diperlakukan dengan buruk, apalagi disakiti.

 

Gambar: Konsultasi ke dokter via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.