Ketika Konami Sebagai Raksasa Industri Game Mulai Melupakan Esensi Awal Dari Membuat Game di Metal Gear Online

  • Share

NGONOO.com – Ketika berbicara tentang industri game, yang terlintas di benak banyak orang pasti menciptakan sesuatu yang bisa dimainkan secara menyenangkan dan adil. Namun hal yang merupakan faktor paling utama dari laris atau tidaknya sebuah judul game mulai dilupakan oleh Konami yang notabene salah satu Raksasa Industri game di dunia. Ada apakah?

Lupakan sejenak era keemasan Konami dengan beragam judul game yang laris manis di pasaran mulai dari game-game seperti contra, silent hill, hingga Metal Gear Solid. Beberapa tahun terakhir ini, konami malah fokus ke mesin judi yang lebih menguntungkan secara finansial daripada predikat  mereka sebagai rahimnya game kategori AAA. Selain itu, konami seperti selalu menyematkan fitur micro transaction di game-gamenya yang berarti, semakin banyak gamers mengeluarkan uang, semakin jago mereka bermain.

metalgearonline

Meskipun hal ini sudah banyak dilakukan oleh developer dan publisher game lain untuk menambah keuntungan finansial mereka, namun selain apa yang dilakukan oleh Konami sepertinya lebih dari itu. Dan hal itu sayangnya dilakukan pada salah satu seri dari judul game terlaris mereka yang berjudul Metal Gear Online. FYI, Metal Gear Online barusan saja di rilis dan game yang mengedepankan fitur multiplayer online ini ditunggu-tunggu oleh banyak gamers karena mereka penasaran dengan update terbaru dari sensasi petualangan bermain MGS secara online termasuk fitur FOB.

Namun saat game itu dirilis, harapan banyak gamers dikecewakan oleh salah satu fitur micro transaction yang disematkan Konami. Yaitu adanya micro transaction berbentuk asuransi untuk menjaga markas sobat ngonoo yang memainkan game ini dari dijarah musuh. Asuransi ini bisa dibeli dengan motherbase coin dan berdurasi 30 hari. Yang mengecewakan banyak gamers adalah, fitur ini membuat markas yang menggunakan asuransi aman dari serangan  musuh, walaupun hasil serangan tetap diterima oleh musuh. Misalnya, ada 30 prajurit yang mati serta 100 fuel yang didapatkan musuh. Hasil jarahan dari sudut pandang sang penyerang itu markas kita hancur-hancuran, tapi dari sisi si pengguna asuransi, markasnya aman sehat sentosa. Yang lebih buruknya lagi, pengguna asuransi bebas gentayangan di markas musuh.

Ini merupakan salah satu blunder yang dilakukan Konami, mengingat esensi game itu merupakan bermain dan bersenang-senang, bukannya membayar lebih supaya kita tidak terkalahkan. Ayolah Konami, kalian bisa berbuat lebih baik daripada sekedar fokus di micro transaction di salah satu judul game yang menjadi andalan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.