Duh Email Pribadi Bos CIA Kena Hack! Data Apa yang Tersebar?

  • Share

NGONOO.com –¬†Jadi direktur badan intelegen Amerika atau yang sering disebut Central Intelligence Agency (CIA), bukan jaminan akan terbebas dari hacker gaes. Bisa jadi malah menjadi incaran para peretas di luar sana. Karena kabarnya, sekelompok hacker anonim mengklaim telah membobol akun email pribadi Direktur CIA, John Brennan. Para hacker tersebut bahkan diduga telah menyebarkan dokumen, termasuk daftar alamat email yang diduga berasal dari file kontak Brennan.

Menanggapi masalah ini, pihak CIA belum memberikan tanggapan secara detail. Lembaga intelijen Amerika Serikat tersebut hanya mengatakan bahwa pihaknya akan menyerahkan kasus ini ke pihak yang berwajib untuk penyelidikan lebih lanjut.

Direktur CIA John Brennan

Salah satu hacker dari kelompok hacker anonim tersebut berbicara kepada New York Post, yang dalam berita tersebut digambarkan bahwa sang pelaku adalah seorang pelajar. Ia diduga menentang kebijakan luar negeri AS dan dukungan untuk Palestina.

Akun Twitter-nya, @phphax, mem-posting link yang menurutnya adalah file yang berisi daftar kontak Brennan, log panggilan telepon Wakil Direktur CIA Avril Haines, dan dokumen penting lainnya. Ia juga memposting capture sebuah email yang isinya bagaimana pihak CIA berusaha mengambil alih email John Brennan.

https://twitter.com/phphax/status/656152792453795840/photo/1

Selain itu, hacker tersebut juga mengaku telah membobol rekening Comcast milik Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson, serta informasi pribadinya. Salah satu dokumen yang tersebar berisi spreadsheet, termasuk pejabat intelijen senior, bersama dengan nomor jaminan sosial mereka.

Belum ada penjelasan mengapa Brennan menyimpan dokumen tersebut di akun email pribadinya. Berdasarkan dari gambar di atas, dokumen tampaknya berasal dari tahun 2009 atau sebelumnya.

https://twitter.com/phphax/status/653998855810359296/photo/1

gambar ilustrasi hacker via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.