Akhir Oktober Nanti Asteroid Berukuran 620 Meter akan Meluncur Lintasi Bumi

  • Share

NGONOO.com – Pada 31 Oktober 2015 nanti atau bagi budaya barat tepat dengan perayaan Halloween, bumi akan disapa oleh ‘tamu’ dari luar angkasa. Tamunya bukan alien atau makhluk luar angkasa lainnya gaes, melainkan adalah sebuah asteroid. Asteroid dengan kode `2015 TB145` ini akan melintasi Bumi dengan jarak terdekatnya sekitar 199 ribu kilometer.

Karena diperkirakan akan melintas bumi pada saat Halloween, maka asteroid ini disebut sebagai asteroid ‘Halloween’. Ukuran asteroid Halloween ini cukup besar gaes, diperkirakan memiliki diameter 620 meter. Asteroid ini telah ditemukan dan diusut sekitar dua pekan terakhir. Menurut pantauan yang dilakukan NASA, asteroid tersebut melaju dengan kecepatan 126 ribu kilometer per jam.

lintasan halloween
lintasan asteroid 2015 TB145

Walaupun berukuran besar, namun Asteroid ini tidak bisa diamati dengan mata telanjang, namun harus dipantau menggunakan teleskop luar angkasa Pan-STARRS yang berlokasi di Hawaii.

Tapi bro n sest jangan cemas, panik, bin khawatir karena menurut NASA si asteroid 2015 TB145 ini akan berada di lintasan aman dan tidak akan menabrak Bumi alias numpang lewat aja. Menurut keterangan tim peneliti asteroid NASA, 2015 TB145 diprediksi akan melewati konstelasi Orion pada 30 Oktober dan 31 Oktober 2015.

Ini memang bukan pertama kalinya kabar asteroid melintasi Bumi muncult. Pada 12 Oktober 2015 lalu juga muncul kabar, 86666 (2000 FL10), asteroid yang dijuluki asteroid raksasa sempat berada di orbit terdekat dengan Bumi. Meski begitu, asteroid itu tidak mengancam Bumi. Paul Chodas, Manajer Near-Earth Object di NASA mengatakan bahwa mendekatnya 86666 (2000 FL10) tidak berdampak apa pun terhadap Bumi.

NASA juga mengungkap, tingkat potensi asteroid bertabrakan dengan Bumi berada di tingkat kurang dari 0.01 persen sampai 100 tahun ke depan. Hal tersebut menandakan bahwa lintasan orbit objek luar angkasa berada di jalur paling aman. Jadi tenang aja, ga akan mengakibatkan dampak mengerikan terhadap Bumi seperti yang sering tergambar di film-film itu gaes 🙂

gambar ilustrasi asteroid lewat bumi via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.