10 Data dan Fakta menarik Jelang MotoGP Valencia 2015

  • Share

NGONOO.com – Final MotoGP terakhir akan dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Ini adalah perebuatan gelar juara dunia antara dua pembalap Yamaha, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Sepertinya nampak sulit untuk Vale yang bakal start pada posisi tarakhir, karena pinalti 4 poin setelah ‘ulahnya’ di sirkuit Sepang Malaysia beberapa waktu lalu.

Memang Rossi saat ini memimpin klasemen dengan keunggulan tujuh poin dari rival setimnya Lorenzo, namun untuk balapan terakhir Vale start di posisi terakhir, ini akan membuat beberapa pendukung Vale merasa bahwa ini bukanlah balapan perebutan gelar juara dunia, tapi pemberian gelar juara kepada rival se yamahanya Lorenzo.

Tapi sudahlah, daripada kita berkutat dengan masalah yang itu-itu saja, lebih baik kita simak 10 Data dan Fakta menarik Jelang MotoGP Valencia 2015, Berikut ulasanya kami persembahkan hanya untuk anda sahabat setia NGONOO:

1. Ricardo Tormo adalah Nama Pebalap Spanyol

Ricardo Tormo

Ricardo Tormo adalah nama seorang pebalap Spanyol yang memenangi gelar juara dunia 50 CC untuk Bultaco pada 1978 dan 1981. Tomo meraih kemenangan hingga 15 kali di kelas 50 CC dan empat kali di kelas 125 CC. Kariernya berakhir pada 1984 karena cedera kaki yang dideritanya akibat kecelakaan. Pada tahun 1998 Ricardo Tormo meninggal dunia karena leukimia yang dideritanya.

2. Pedrosa adalah Pebalap Tersukses di Valencia

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa menjadi pebalap paling sukses yang pernah meraih enam kali kemenangan di sirkuit ini. Dia memenangkan kejuaraan hingga tiga kali di MotoGP Valencia, dua kali di kelas 250 CC dan satu kali di kelas 125 CC.

3. Enam Pebalap Lain yang Juga Sukses di Valencia

Setelah Pedrosa dan Stoner, ada enam pebalap lainnya yang pernah menang kala berlaga di Valencia. Mereka adalah Valentino Rossi (dua kali di MotoGP), Maverick Vinales (satu kali di 125 CC dan satu kali di Moto3), Mika Kallio (satu kali di 125 CC dan satu kali di 250 CC), Jorge Lorenzo (dua kali di MotoGP), Marc Marquez (satu kali di Moto2 dan satu kali di MotoGP), Hector Barbera (satu kali di 125 CC dan satu kali di 250 CC).

4. Valencia Menjadi Sirkuit Favorit di Final MotoGP

Sirkuit Ricardo Tormo

Sirkuit di Valencia menjadi sirkuit favorit untuk gelaran final MotoGP. Tahun ini merupakan tahun ke-14 sirkuit ini menjadi tuan rumah final.

5. Pebalap Spanyol Selalu Unggul di Valencia

Pebalap Spanyol

Pada gelaran premier balapan di Valencia, pebalap asal Spanyol memenangkannya sebanyak tujuh kali. Mereka adalah Sete Gibernau yang memenangkan lomba 500 CC bersama Suzuki pada 2001, Dani Pedrosa yang memenangi balapan MotoGP pada 2007, 2009, dan 2012, Jorge Lorenzo yang menang pada 2010 dan 2013, serta Marc Marquez pada 2013 dan 2014.

6. Honda Meraih Delapan Kemenangan di Valencia

Honda MotoGP 2015

Honda menjadi pabrikan tersukses di Valencia. Sejak 2002, pebalap-pebalap asuhan Repsol Honda meraih delapan kali kemenangan di sirkuit ini. Yamaha meraih tiga kali kemenangan, sementara Ducati mencatat dua kali juara.

7. Andrea Dovizioso Finish Keempat Pada 2014

Andrea Dovizioso

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso finis di Sirkuit Ricardo Tormo di urutan keempat pada GP tahun lalu. Ini merupakan hasil terbaik untuk Ducati sejak Casey Stoner berada di urutan kedua pada 2010.

8. Suzuki Terakhir Kali Menang Pada 2007

John Hopkins

Suzuki terakhir kalinya meraih podium di Valencia dengan pebalapnya John Hopkins pada 2007.

9. Dua Pebalap Tampil 16 Kali di Valencia

Randy de Puniet

Hanya dua pebalap yang pernah mengikuti hingga 16 kali balapan di Valencia. Mereka adalah Valentino Rossi dan Randy de Puniet.

10. Marquez Jadi Juara Dunia di Valencia Pada 2014

Marc Marquez

Tahun lalu Marquez menjadi juara dunia MotoGP. Dia berhasil menjadi yang tercepat dengan raihan waktu 46 menit 39,627 detik. Marquez start dari baris kedua. Balapan ini menandai pertama kalinya dalam 16 tahun bahwa balapan MotoGP di Valencia dimenangkan oleh pebalap yang tidak memulai dari posisi pertama.

Info Penting: MotoGP Valencia akan berlangsung pada Minggu 8 November 2015 di Sirkuit Ricardo Tormo. Saat ini, Rossi memuncaki klasemen sementara juara dunia MotoGP 2015 dengan mengoleksi 312 poin atau memimpin tujuh poin dari Lorenzo.

(Sumber: republika)

Gambar: MotoGP 2015 via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.