8 Insiden Penuh Duka yang Pernah Terjadi Dalam Dunia Sepak Bola

  • Share

NGONOO.com – Dunia Berduka atas Insiden yang terjadi di Paris, Prancis beberapa hari yang lalu. Banyak tragedi yang sebelumnya juga pernah terjadi di dunia sepak bola, dari kerusuhan, teror bom hingga pesawat jatuh sudah pernah terjadi. Pada kesempatan ini NGONOO merangkum semuanya kedalam 8 Insiden Penuh Duka yang Pernah Terjadi Dalam Dunia Sepak Bola.

1. Teror Bom di Paris, Prancis (13/11/2015)

Menurut informasi yang beredar, terdapat tiga ledakan dalam pertandingan yang berlangsung antara Prancis melawan Jerman kemarin. Presiden Federasi sepakbola Prancis, Noel Le Graet mengatakan salah satu ledakan terjadi di pintu gerbang stadion. Serangan teroris di stadion State de France ini merupakan salah satu lokasi serangan teroris yang terkoordinasi. Selain di stadion, serangan juga terjadi di restoran, teater dan di dalam gerbong kereta api yang telah menyebabkan paling sedikit 120 orang meninggal dunia.

2. Kerusuhan Port Said (01/02/2012)

Port Said

Insiden ini terjadi saat laga Premier League Egypt antara El Masry melawan El Ahly, terjadi kerusuhan yang memakan korban jiwa hingga 74 dan 500 orang terluka. Puncak Insiden kerusuhan ini adalah saat El Masry akhirnya berhasil mengalahkan El Ahly. Para pendukung El Masry mulai menyerang pendukung El Ahly dengan berbagai senjata tajam. 11 orang dihukum mati terkait kejadian ini dan kompetisi sepak bola Mesir dihentikan selama dua tahun.

3. Hillsborough (15/04/1989)

Hillsborough

Pada semifinal FA Cup antara Liverpool melawan Nottingham Forest, 96 orang dikabarkan meninggal dunia dan 766 orang mengalami luka karena berdesak-desakan dan terhimpit pagar pembatas. Peristiwa ini terjadi karena polisi saat itu gagal mengantisipasi banyaknya penonton yang masuk ke stadion. Akibatnya seluruh stadion di Inggris akhirnya melarang penggunaan pagar pembatas di seluruh stadion mereka.

4. Badai di Stadion Kathmandu (12/03/1988)

Stadion Kathmandu

Pada 12 Maret 1988 dalam laga Nepal melawan Bangladesh, badai menerjang stadion yang dipenuhi oleh kurang lebih 30 ribu orang penonton. Saat badai terjadi, Karena panik dan saling berhimpitan​ saat keluar stadion, Insiden ini memakan korban 91 orang dan yang paling menyedihkannya lagi, pihak pemerintah Nepal sendiri menolak untuk memberikan tunjangan untuk para korban.

5. Kebakaran di Stadion Bradford City (11/05/1985)

Bradford City

​Ini adalah insiden kebakaran yang bisa dikatakan paling besar di sejarah sepak bola Inggris. Stadion ini terkenal karena memiliki gaya kuno dengan berbagai bahan kayu di setiap bagian stadion. Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kebakaran ini, namun sedikitnya 56 orang meninggal dunia dan 450 orang terluka akibat insiden kebakaran ini.

6. Heysel (29/05/1985)

Heysel stadium disaster Brussels 1985 juventus fans crushed

Stadion Heysel menjadi saksi bisu final European Cup antara Juventus melawan Liverpool. Peristiwa ini terjadi ketika para fans Liverpool mulai melempari fans Juventus dengan batu. Para fans Juventus mencoba lari dengan memanjat tembok pembatas, tetapi tembok tersebut akhirnya tidak mampu menahan banyaknya orang yang mencoba memanjat. Tembok tersebut runtuh hingga memakan korban jiwa sebanyak 39 orang dan sekitar 600 orang meninggal dunia.

7. Ibrox Kedua (02/01/1971)

Ibrox Kedua

Dalam pertandingan Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic. Para fans Rangers memutuskan untuk pergi meninggalkan stadion setelah Celtic unggul sampai menit ke 90. Akan tetapi di detik-detik terakhir, Rangers bisa menyamakan kedudukan dan menyebabkan para fans yang sudah mencoba keluar kembali masuk. Banyaknya fans yang berkumpul di pintu keluar menyebabkan pagar pembatas rusak. 66 orang meninggal dunia dan lebih dari 200 orang terluka.

8. Munich (06/02/1958)

Munich

Peristiwa ini terjadi ketika pesawat yang membawa tim Manchester United mengalami kecelakan di bandara Munich, 20 dari 44 orang di pesawat meninggal dunia. sebagian yang terluka dibawa ke Rumah Sakit Rechts der Isar di Munich di mana 3 orang meninggal, sehingga yang selamat hanya 21 orang. Insiden ini merupakan salah satu insiden paling menyedihkan karena memakan korban generasi emas Machester United yang lebih dikenal dengan nama Busby Babes.

via ftb90.com

Gambar: FC Dnipro pemain dan staf via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.