Setelah Sukses Tanam Sayuran, NASA Akan Tanam Bunga di Stasiun Antariksa

  • Share

NGONOO.com – Semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan antariksa, semakin banyak juga hal-hal yang bisa dilakukan manusia di luar angkasa. Setelah sebelumnya berhasil menanam sayuran selada di stasiun luar angkasa internasional (International Space Station/ISS), kini astronaut berupaya mempercantik stasiun antariksa dengan menanam bunga gaes.

Kjell Lindgren dari NASA merancang eksperimen penanaman bunga ini pada Senin (16/11) melalui blog NASA. Jika berhasil, nantinya ini bakal jadi tanaman bunga pertama di ISS.

Jenis bunga yang ditanam Lindgren adalah jenis zinnia, genus yang masih berada dalam satu rumpun bunga matahari di keluarga bunga aster. Lindgren berharap bunga-bunga itu bisa mekar di awal 2016 nanti. Bunga zinnia yang ditanam adalah bagian dari sistem eksperimen Veggie yang dirancang untuk menumbuhkan berbagai macam tumbuhan di ISS.

sayuran di luar angkasa
Selada yang di tanam di stasiun ruang angkasa ISS

Penelitian seperti ini dianggap penting untuk penjelajahan manusia yang lebih jauh di antariksa, seperti Mars. Awak astronaut nantinya diharapkan mampu menanam makanan sendiri tanpa bergantung pada pasokan dari Bumi, kaya di film Martian gitu deh gaes.

“Menanam bunga lebih menantang daripada sayuran seperti selada. Pencahayaan dan parameter lingkungan lainnya sangat penting,” ucap ilmuwan NASA, Gioia Massa yang terlibat dalam eksperimen Veggie.

Untuk menumbuhkan bunga tersebut Lindgren bakal menggunakan cahaya LED merah, hijau, dan biru serta memberi pupuk dan menyiram zinnia agar mereka bisa tumbuh dalam waktu 60 hari.

Para ilmuwan berharap dengan eksperimen ini nantinya bisa memelajari lebih dalam bagaimana menumbuhkan tanaman bunga di lingkungan nol gravitasi. Melalui bunga zinnia, NASA ingin mengumpulkan data mengenai sikap serbuk sari bunga di antariksa dan bagaimana bunga ini memengaruhi “moral awak manusia”.

“Tumbuhan memiliki nilai penting dari sisi psikologis manusia di antariksa,” ungkap ilmuwan tumbuhan NASA Bruce Bugbee.

Sebelumnya pada Agustus lalu, Lindgren bersama Scott Kelly dan astronaut Jepang Kimiya Yui telah mencicipi selada romaine yang ditanam di ISS. Eksperimen tumbuhan seperti ini diyakini bisa membawa pengaruh positif terhadap kesehatan mental para astronaut.

Rencana penanaman tumbuhan NASA tak berhenti di bunga zinnia. Badan antariksa Amerika Serikat itu berencana akan mulai menanam tomat di ISS pada 2017 mendatang.

Wiih, siapa tau di tahun-tahun berikutnya NASA bisa numbuhin padi juga ya gaes 😀

via CNN

gambar stasiun ruang angkasa via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.